TOPIK TERPOPULER

Sejumlah Kapal Urung Melaut karena Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Muhammad Subhan
Sejumlah Kapal Urung Melaut karena Angin Kencang dan Gelombang Tinggi
Sejumlah Kapal bersandar di Maccini Baji Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, pada Rabu, (19/01/2022). Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Sejumlah Kapal Kargo dan Kapal Nelayan Transportasi antar pulau terlihat bersandar di dermaga Pelabuhan Maccini Baji, di Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, pada Rabu, (19/01/2022).

Kapal-kapal ini sudah sepekan lebih bersandar di dermaga pelabuhan, pemilik kapal enggan berlayar lantaran ketinggian ombak di perairan laut Pangkep mencapai 1,5 hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin mencapai 300 knot.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Pesawat yang Hendak Mendarat Dialihkan ke Balikpapan

Akibat Cuaca Ekstrem inilah, Unit Pelabuhan Kelas II Maccini Baji Syahbandar Pangkep mengeluarkan maklumat pelayaran, untuk sementara menunda Kapal-kapal berlayar dari pelabuhan Maccini Baji dan wilayah kerja Pelabuhan Biringkassi.

Penundaan berlayar dilakukan berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terkait dengan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi yang melanda perairan Sulawesi hingga beberapa hari ke depan.

Salah seorang warga yang merupakan Nahkoda Kapal Darmawi mengatakan, sudah beberapa hari berada di dermaga pelabuhan, dirinya enggan melaut lantaran belum ada izin dari pihak syahbandar untuk berlayar.

"Sudah 10 hari belum berangkat, belum ada izin dari syahbandar untuk berlayar akibat faktor cuaca. Informasi dari pulau ketinggian gelombang sekitar 2 meteran lebih, sejauh ini masih bermalam di dermaga sambil menunggu izin dari syahbandar. Tujuannya ke Kecamatan Liukang Tangayya mengangkut sembako, kecamatan terluar Pangkep berbatasan pulau NTB Lombok," ujarnya.

Kepala Kantor Syahbandar kelas II Maccini Baji Kapten Ramlah menuturkan, penundaan izin berlayar sementara dikeluarkan untuk menghindari bahaya akibat cuaca ekstrem.

"Untuk mengenai cuaca buruk kami akan menunda kapal-kapal yang akan berangkat dari pelabuhan Maccini Baji dan pelabuhan Biring Kassi dengan tetap memperhatikan perkiraan cuaca dari BMKG," katanya. 

Baca Juga: Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Brebes Melonjak 100 Persen

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!