alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Ironis! Masyarakat Pesisir Hidup Miskin di Negara Kepulauan

Suwarny Dammar
Ironis! Masyarakat Pesisir Hidup Miskin di Negara Kepulauan
Calon Gubernur Prof Nurdin Abdullah yang bertemu dengan masyarakat di Bajoe, Bone, menyinggung kondisi masyarakat pesisir yang masih banyak hidup dalam garis kemiskinan, sebagai hal ironis di negara kepulauan seperti Indonesia. Foto : SINDOnews

MAKASSAR - Calon Gubernur Prof Nurdin Abdullah yang bertemu dengan masyarakat di BajoE, Kab. Bone, menyinggung kondisi masyarakat pesisir yang masih banyak hidup dalam garis kemiskinan, sebagai hal ironis di negara kepulauan seperti Indonesia.

“Ironi Indonesia sebagai negara kepulauan, masyarakat pesisir belum disejahterakan dengan baik, kebijakan selanjutnya potensi kelautan ini harus mendorong kesejahteraan masyarakat pesisir, seperti di Bajoe tempat penyeberangan, harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Bone,” ujar Prof Nurdin.

Prof Nurdin menambahkan, hal yang mendesak di Bajoe adalah pembenahan infrastruktur, menumbuhkan gairah masyarakat agar lebih inovatif, serta penataan pemukiman yang sehat dan terminal pelabuhan dibenahi dan lebih manusiawi, penataan kios agar tercipta pertumbuhan ekonomi yang baik.

Prof Nurdin menganggap pengalamannya melakukan penataan dan pengembangan wilayah pesisir di Bantaeng, yaitu dengan menata kawasan pantai Seruni yang sebelumnya berpredikat jorok, kemudian menjadi sentra kuliner dan menjadi daerah kunjungan wisata bagi warga Bantaeng dan daerah lainnya dapat diterapkan di kawasan BajoE.

Selain itu, Prof Nurdin juga berpengalaman menata pemukiman kumuh di kampung nelayan Bantaeng dengan membangun 100 unit rumah tipe 36 di lahan milik Pemda Bantaeng seluas 2 hektar untuk nelayan Bantaeng.

“Sebagai kepala daerah malulah kita kalau masih ada pemukiman kumuh, jadi kita ciptakan pemukiman sehat. Satu hal yang perlu diingat: kita jangan membebani masyarakat, APBD harus mendorong itu supaya ekonomi tumbuh dengan baik, bupati dan gubernur harus sinergi dengan baik,” pungkas bupati yang meraih puluhan penghargaan tingkat nasional ini.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads