TOPIK TERPOPULER

Pemkab Luwu Cairkan Rp1,3 Miliar Benahi Rumah Korban Puting Beliung

Chaeruddin
Pemkab Luwu Cairkan Rp1,3 Miliar Benahi Rumah Korban Puting Beliung
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, telah mencairkan anggaran sebesar Rp1,3 miliar untuk melalukan pembenahan rumah korban puting beliung di 3 desa di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Foto: Sindonews/Chaeruddin

MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, telah mencairkan anggaran sebesar Rp1,3 miliar untuk melalukan pembenahan rumah korban puting beliung di 3 desa di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Aminuddin Alwi, menyampaikan rehab dan pembangunan rumah korban puting beliung sudah berjalan tiga hari.

Baca Juga: Bantuan Pemkab Luwu untuk Korban Puting Beliung Terus Mengalir



"Alhamdulillah, proses penyaluran bahkan atau material seperti kayu dan seng sudah selesai. Aktifitas sementara di lapangan pembangunan dan sehat rehab rumah yang rusak," ujarnya.

Aminuddin Alwi, membenarkan besaran dana bantuan yang keluar melalui BTT atau Belanja Tidak Terduga sebesar Rp1,3 miliar lebih untuk penanganan bencana puting beliung di Kecamatan Bua awal Januari lalu.

"Total untuk rehab rumah dengan kategori rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan Rp1,1 miliar, sisanya Rp200 juta lebih membiayai kebutuhan makan dan minum para korban selama 14 hari masa tanggap darurat, biaya operasional TNI dan Polri, tim dari BPBD dan Dinas Sosial," sebutnya.

"Khusus untuk rehab berat, yang tangani adalah Dinas Perkim, anggaran ke sana sekira Rp585 juta. Yang kami tangani rusak sedang dan rusak ringan," lanjutnya.

Untuk data rumah yang rusak akibat puting beliung, BPBD menyebutkan sebanyak 89 rumah, 13 diantaranya rusak berat.

Kepala Dinas Perkim Sofyan Thamrin, menyebutkan data awal yang rusak berat 13 namun yang memenuhi kategori rusak berat hanya 9 rumah.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!