Cuaca Ekstrem Picu 3 Penyakit Ini, Ketahui Cara Mengobatinya

Jum'at, 21 Januari 2022 - 09:05 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem Picu 3 Penyakit Ini, Ketahui Cara Mengobatinya
Cuaca ekstrem memicu sejumlah penyakit. Foto/Good Free Photo
A A A
JAKARTA - Sebagian besar wilayah di Indonesia sedang dilanda cuaca ekstrem . Biasanya, cuaca yang tidak bersahabat juga memicu sejumlah penyakit, seperti flu hingga demam berdarah.

Selain menjaga kekebalan tubuh, penerapan pola hidup sehat juga harus dilakukan. Seperti mengonsumsi makanan kaya vitamin dan bisa membuat imun tubuh meningkat.

Dilansir dari Healthline, berikut ini tiga penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan dan cara mencegahnya.

1. Flu

Cuaca ekstrem biasanya akan menyerang imunitas tubuh, sehingga menjadi rentan terserang penyakit seperti terserang flu. Penyakit ini umumnya terjadi saat hujan, atau cuaca dingin. Sehingga tubuh menjadi lemah, serta daya tahan tubuh seseorang harus lebih diperhatikan.

Dilansir dari laman Healthline, Anda bisa mengonsumsi jahe, madu, lemon yang dicampur ke dalam segelas air teh hangat. Tak lupa mengonsumsi vitamin C juga sangat penting untuk daya tahan tubuh. Selain itu, sup juga bisa membantu mengembalikan energi, sekaligus menghangatkan tubuh dari udara dingin.



2. Diare

Menjaga sistem pencernaan saat cuaca ekstrem, atau pancaroba adalah hal penting. Sebab diare merupakan penyakit yang sering terjadi pada cuaca tersebut.

Pada musim pancaroba, kasus penyakit ini menjadi tinggi karena banyaknya debu dan kotoran yang bertebaran. Penyakit ini erat kaitannya dengan pola konsumsi makan dan kebersihan bahan makanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)