Tahun 2021, Ekosistem Gojek Sumbang Rp4,3 Triliun ke PDRB Makassar

Jum'at, 21 Januari 2022 - 17:30 WIB
loading...
Tahun 2021, Ekosistem Gojek Sumbang Rp4,3 Triliun ke PDRB Makassar
Gojek dan GoTo Financial diperkirakan menyumbang sekitar Rp4,3 triliun produk domestik regional bruto Kota Makassar pada tahun 2021. Foto: Gojek
A A A
MAKASSAR - Ekosistem Gojek berkontribusi positif terhadap perekonomian. Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) diperkirakan menyumbang sekitar Rp4,3 triliun atau setara dengan 2,5% produk domestik regional bruto (PDRB) Kota Makassar pada tahun 2021.

Hal itu berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang berjudul "Kontribusi Ekosistem Gojek dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kota Makassar Selama Pandemi 2020-2021".

Baca Juga: Gojek
Temuan menarik lainnya dari riset ini adalah, bagaimana layanan Gojek telah menjadi pilihan utama bagi konsumen di Kota Makassar, serta kemampuan ekosistem Gojek mendukung mitra-mitranya selama pandemi, sehingga mereka optimistis terhadap pemanfaatan platform online sebagai tempat mencari nafkah dan ingin terus bermitra dengan Gojek ke depannya.

Temuan-temuan utama riset ini di antaranya, 83% konsumen lebih sering memanfaatkan layanan GoRide, sedangkan 87% memanfaatkan GoCar. Lalu 91% konsumen menggunakan layanan GoFood, 78% konsumen mengatakan GoSend.

Baca Juga: Gojek
Selanjutnya, keandalan ekosistem dan solusi Gojek membantu UMKM dan pengusaha pemula terus tumbuh di tengah pandemi. Pendapatan Mitra UMKM GoFood Makassar rata-rata naik 28% di tahun 2021 dibandingkan tahun 2020.

Alfindra memaparkan, keberadaan ekosistem Gojek membantu meningkatkan pendapatan mitra driver dan UMKM selama pandemi. Dalam penelitian ini juga melihat mayoritas konsumen Makassar (87%) akan tetap menggunakan aplikasi Gojek meski tanpa promo.

Baca Juga: Gojek
Secara nasional, ekosistem Gojek diperkirakan berkontribusi sebesar Rp249 triliun atau setara 1,6% dari PDB Indonesia. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala LD FEB UI, Paksi Walandouw.

Menurut Paksi, resiliensi, kecepatan pemulihan melalui peningkatan pendapatan khususnya UMKM yang berada di ekosistem Gojek , serta loyalitas konsumen berdampak positif pada pemulihan ekonomi Indonesia pada masa pandemi.

Baca Juga: Gojek
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)