Kepala Bank Indonesia Sulsel Puji Produktivitas Kakao Luwu Utara

Sabtu, 22 Januari 2022 - 18:27 WIB
loading...
Kepala Bank Indonesia Sulsel Puji Produktivitas Kakao Luwu Utara
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana. Foto: Protokoler Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Bank Indonesia bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar diseminasi joint research terkait potensi peningkatan produktivitas kakao melalui digital farming, dengan studi kasus Kabupaten Luwu Utara di Aula Lagaligo kantor bupati, Jumat (21/1/2022).

Turut hadir pada kegiatan itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Causa Iman Karana, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Fadjar Majardi, Ketua Program Studi Keteknikan Pertanian Fakultas Pertanian Unhas, Iqbal Pimpinan Perbankan Luwu Utara, serta Asosiasi Lembaga Gapoktan dan pelaku usaha kakao Luwu Utara.

Baca Juga: Bank Indonesia
Causa Iman juga mengatakan, bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) Sulsel dan Luwu Utara hampir sama, yang meningkat dari tahun ke tahun.

"Luwu Utara memiliki potensi percepatan investasi mengingat terdapat proyek strategis yang sedang dan akan dibangun, Luwu Utara juga tercatat sebagai juara 2 South Sulawesi investment challenge 2021 dengan mengangkat proyek pembangunan pabrik minyak goreng," ujarnya.

"Sama-sama kita membangun Luwu Utara, sama-sama kita membangun Sulawesi Selatan dan sama-sama kita membangun Indonesia," tutup Causa Iman.

Baca Juga: Bupati Luwu Utara
Bupati Indah juga menambahkan terkait produktivitas kakao di Kabupaten Luwu Utara mengalami peningkatan di mana tahun 2019 sebanyak 28.102 ton dan di tahun 2022 mencapai 30.856 ton.

"Berbagai hambatan dan pengembangan yang telah teridentifikasi saat ini antara lain terkait daya dukung lahan yang terus menurun, adanya area kakao yang terdampak banjir, meningkatnya serangan hama penyakit pada kakao, adanya luasan kakao yang sudah tua dan tidak produktif, kurangnya modal petani, terbatasnya keahlian serta adopsi teknologi oleh petani," tambahnya.

Bupati Luwu Utara juga menyampaikan harapan agar produktivitas kakao di Kabupaten Luwu Utara terus meningkat dan menjadi salah satu pendorong pemulihan dan peningkatan kinerja ekonomi Sulsel serta kembali menjadikan Indonesia salah satu penghasil kakao terbesar di dunia.

Baca Juga: Bupati Luwu Utara
Hadir juga pada kegiatan tersebut Asisten Ekonomi pembangunan Luwu Utara, Kepala Bappelitbangda kabupaten Luwu Utara, Kepala Diskominfo Luwu Utara.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)