3 Jalan Angker di Depok, Nomor 1 Beraroma Kentang dan Ada Genderuwo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:21 WIB
loading...
3 Jalan Angker di Depok, Nomor 1 Beraroma Kentang dan Ada Genderuwo
Jalan angker di Tanjakan Keramat, Citayam, Depok. Foto: YouTube RCTI-Infotainment
A A A
JAKARTA - Tiga jalan angker di Depok ini membikin siapa saja yang melewatinya merinding ketakutan. Berbagai penampakan kerap muncul seperti mengeluarkan aroma kentang, ada genderuwo, hingga kemunculan nyai dan perempuan berbaju merah.

Jalan di Depok ini memang menyimpan beragam kisah misteri . Berikut 3 jalan angker di Depok yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (23/1/2022):
Baca juga: 3 Jalan Angker di Bogor, Nomor 1 Ada Perempuan Menangis di Tanjakan Selarong

1. Jalan Gandul, Cinere
Ada bekas rumah kentang di Jalan Gandul, Cinere yang kini menjadi puing-puing karena sudah dirobohkan. Rumah tersebut kena pelebaran jalan. Konon, cerita yang beredar di masyarakat dulu ada anak kecil yang masuk ke kuali rebusan kentang dan anak itu meninggal dunia. Setelah kejadian tersebut saat menjelang malam di sekitaran rumah selalu tercium aroma kentang.

Banyak warga menyebut ketika melewati Jalan Gandul, Cinere sekitar jam 11 malam ke atas akan mendapati bau kentang yang menyengat. Bau tersebut sudah dapat tercium beberapa meter dari lokasi rumah kentang. Bau kentang hanya di luar saja dan aromanya ini disebabkan oleh salah satu makhluk penghuni di sana yakni makhluk tinggi besar bermata merah alias genderuwo.
3 Jalan Angker di Depok, Nomor 1 Beraroma Kentang dan Ada Genderuwo

Rumah angker di Jalan Gandul, Cinere. Foto: YouTube RCTI-Infotainment

2. Jalan di Jembatan Panus, Tole Iskandar
Jembatan Panus merupakan jalur yang menghubungkan Jakarta, Depok, dan Bogor. Jembatan ini terletak di Jalan Tole Iskandar, Kelurahan Depok. Jembatan Panus merupakan sebuah jembatan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1917 oleh arsitek Belanda bernama Stephanus Jonathan.

Dari penuturan Mbah Mijan dalam akun YouTubenya, terdapat sosok penampakan Stephanus, penampakan nyai, perempuan berbaju merah, hingga penampakan hantu yang dipercaya masyarakat kerap bergentayangan di Jembatan Panus.

Stephanus dan istrinya dikabarkan masih sering terlihat melintasi jembatan ini sambil membawa anjing putih kesayangannya. Menurut cerita yang beredar, Stephanus pulang ke Belanda ketika kompeni diusir oleh tentara Jepang untuk meninggalkan Indonesia. Karena alasan itulah, istrinya yang biasa disebut Nyai memutuskan bunuh diri dengan terjun bebas di jembatan ini.

Jembatan Panus kadang juga dipakai sebagai tempat pesugihan atau sajen untuk tumbal. Sesekali ada beberapa orang yang membawa sajen seperti kelapa dan baju untuk dibuang ke sungai Jembatan Panus. Warga menganggap mereka-mereka yang datang ke jembatan ini untuk memberikan pesugihan kepada makhluk halus.
3 Jalan Angker di Depok, Nomor 1 Beraroma Kentang dan Ada Genderuwo

Jembatan Panus. Foto: Dok SINDOnews

3. Jalan di Tanjakan Keramat, Citayam
Jalan ini kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan salah satu jalur tengkorak di Citayam, Depok. Kecelakaan yang terjadi lantaran kondisi jalan yang rusak, tinggi, dan menikung tajam sehinga banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak, terbalik, hingga merenggut korban jiwa.

Ada anggapan seseorang yang melewati tanjakan ini harus membunyikan klakson mobil atau sepeda motor atau mengucapkan salam saat melintas demi menghindari kecelakaan. Konon, Tanjakan Keramat ini dikelilingi oleh tempat-tempat mistis seperti pohon asam yang tidak bisa ditebang, sumber mata air yang tidak pernah surut, dan sinar merah yang selalu muncul pada Tahun Baru.

MG08-Lorenza Ferary
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)