TOPIK TERPOPULER

Pakar Curiga Varian Omicron Sudah Meluas di Sulsel

Andi Nur Isman
Pakar Curiga Varian Omicron Sudah Meluas di Sulsel
Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Ansariadi mencurigai penularan Covid-19 varian Omicron sudah meluas di Sulsel. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Ansariadi mencurigai penularan Covid-19 varian Omicron sudah meluas di Sulsel. Hanya saja masih belum terdeteksi.

“Sudah terdeteksi satu kasus Omicron di salah satu kabupaten di Sulsel. Dengan demikian sudah bisa dipastikan bahwa varian Omicron juga sudah ada di Sulsel,” ujarnya saat dikonfrimasi SINDO, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Omicron Merebak, Wapres Minta Vaksin Buatan Dalam Negeri Dirampungkan



Kendati begitu, penularan yang terjadi di Sulsel saat ini juga masih belum bisa dipastikan. Sebab penularannya sama dengan varian Delta.

“Maka upaya pencegahan juga tetap sama yaitu dengn disiplin dalam protokol kesehatan dan percepatan pencapaian cakupan vaksinasi pada semua kelompok umur,” kata dia.

Ansariadi mengungkapkan, sampai saat ini belum ada indikasi kenaikan kasus Covid-19 di Makassar atau Sulsel. Namun bukan berarti menjadi alasan mengendurkan pengetatan. Harus tetap waspada.

“Saat ini monitoring kasus Covid-19 tetap diperketat untuk mendeteksi adanya kemungkinan kenaikan kasus. Kalau tidak ada kenaikan kasus maka menurut saya situasi sekarang tetap bisa dipertahankan,” jelasnya.

Menurutnya, testing terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat perlu dimasifkan. Sebab merekalah yang dicurugia bisa menjadi penyebab penularan semakin meluas di Sulsel.

“Belum ada alasan yang kuat untuk melakukan testing massal saat ini karena penularan kasus Covid masih rendah,” pungkasnya.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!