TOPIK TERPOPULER

103 Puskesos Dibentuk di Maros Percepat Penanggulangan Kemiskinan

Najmi Limonu
103 Puskesos Dibentuk di Maros Percepat Penanggulangan Kemiskinan
Suasana sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)-Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang dihadiri Bupati Maros, AS Chaidir Syam. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Maros telah membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)-Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di 103 desa dan kelurahan.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM) Dinsos Maros, Muhammad Gazali menjelaskan, Puskesos ini merupakan sistem layanan dan rujukan terpadu, yang merupakan wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Maros Capai 70 Persen



Hal ini disampaikan Muhammad Gazali saat sosialisasi pembentukan Puskesos-SLRT di ruang pola Kantor Bupati Maros. Sosialisasi ini turut dihadiri Bupati, AS Chaidir Syam.

"Adapun Puskesos ini merupakan pelayanan bagi rumah tangga sasaran di wilayah kecamatan, desa/kelurahan dalam pelaksanaan percepatan program penanggulangan kemiskinan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam yang membuka kegiatan sosialisasi ini mengungkapkan, sebagai wadah pemerintah dalam memberikan akses kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan kesejahteraan sosial.

"Sangat perlu untuk membentuk Puskesos pada tingkat desa dan kelurahan. Masyarakat miskin, rentan miskin dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bisa lebih mudah mendapatkan informasi tentang layanan informasi yang dibutuhkan," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Maros Lakukan Uji Publik Ranperda Literasi

Chaidir mengungkap, kemiskinan adalah permasalahan utama yang harus dipecahkan. Butuh pelaksanaan penanggulangan yang sistematis, terencana, dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!