TOPIK TERPOPULER

PPUPIK UMI Kembangkan Laboratorium Tambak dan Lapang di Pangkep

Tim SINDOnews
PPUPIK UMI Kembangkan Laboratorium Tambak dan Lapang di Pangkep
Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK)Universitas Muslim Indonesia (UMI) berbasis aquakultur terpadu, tengah mengembangkan Laboratorium Tambak dan Lapang FPIK. Foto: Istimewa

PANGKEP - Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) berbasis aquakultur terpadu, tengah mengembangkan Laboratorium Tambak dan Lapang FPIK, di Dusun Parreang, Desa Bontosunggu (Kalibone), Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

PPUPIK yang dikembangkan kali ini, khusus menerapkan program akuakultur terpadu di tambak berupa usaha pendederan, pembesaran dan usaha penanganan hasil produksi.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, 2.000 Rumah dan 4.000 Hektare Tambak di Lamongan Terendam Banjir



Ketua Pelaksana Kegiatan, Prof Jayadi menjelaskan, secara detail kegiatan dan komoditas yang dikembangkan tersebut yakni pendederan ikan nila dan ikan bandeng, pembesaran ikan nila di tambak model semi intensif dengan metode modular, pembesaran bandeng di tambak model semi intensif dengan metode modular, serta pembesaran ikan nila di kolam terpal dengan system intensif dan pembesaran ikan kakap.

"Luas tambak yang digunakan kegiatan ini 2,5 ha dan telah berlangsung sejak tahun 2019 yang lalu," ujarnya.

Adapun program PPUPIK ini, lanjutnya, akan mengembangkan laboratotium tambak dan Lapang FPIK budaya ekonomi berbasis IPTEK akuakultur terpadu dengan menerapkan inovasi dari hilir ke hulu sehingga menjadi wirausaha baru di FPIK UMI.

Kegiatan ini juga kata Jayadi, akan menjadi percontohan bagi masyarakat dan menjadi kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa UMI dalam berwirausaha.

"PPUPIK ini merupakan sebagai salah satu kegiatan untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah," tambah Jayadi.

Baca Juga: Teknologi Dorong Panen Tambak Udang Lebihi Target Usaha

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!