Rel Kereta Api di Barru Dirancang Terintegrasi Pelabuhan Garongkong

Rabu, 26 Januari 2022 - 17:57 WIB
loading...
Rel Kereta Api di Barru Dirancang Terintegrasi Pelabuhan Garongkong
Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulmafendi didampingi Bupati Barru Suardi Saleh saat meninjau lahan untuk rel kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong. Foto: Istimewa
A A A
BARRU - Jalur rel kereta api (KA) di Kabupaten Barru, akan terintegrasi dengan pelabuhan Garongkong. Saat ini Pemkab Barru dan Dirjen Perkeretaapian tengah menyelesaikan pembebasan lahan seluas lima hektar untuk proyek tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Barru, Suardi Saleh saat menerima Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Zulmafendi di Rumah Jabatan Bupati Barru, Rabu (26/1/2022).



Suardi mengatakan, integrasi antara rel KA dengan Pelabuhan Garongkong sangat penting karena kedepannya, pelabuhan ini dirancang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulawesi Selatan.

"Keberadaan Pelabuhan Garongkong dirancang untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulawesi Selatan, jika sekiranya progres perkeretapian ini tuntas maka Barru ini terus maju dan berkembang," ucap Suardi Saleh.

Bupati dua periode ini menambahkan, ia terus berupaya memberikan dorongan dan semangat agar Barru terus maju dan sejahtera.

"Tentu ini membawa berkah bagi Barru sebab terkait agenda ini sesegera mungkin masalah terkait perkereatapian terutama pembebasan lahan segera terselesaikan dengan yang diharapkan," ujar Suardi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulmafendi menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Barru yang berkenan menerima kunjungan ini.

Mengenai kondisi lahan yang masih bermasalah, dirinya mengaku gembira karena setiap pekan bupati di Sulawesi Selatan selalu berkomunikasi untuk hal yang menjadi persoalan untuk diselesaikan.



"Khusus pengadaan lahan untuk kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan pelabuhan Garongkong sekira 5 hektar tinggal menunggu penyelesaian administrasinya saja", bebernya lalu menyebutkan bahwa hasilnya akan dilaporkan ke Menteri Perhubungan di Jakarta.

Setelah pertemuan di rumah Jabatan Bupati, dilanjutkan meninjau langsung lokasi Kawasan konsolidasi Kereta Api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong .

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)