Pegadaian Kenalkan Produk Syariah ke Kemenag Sulsel

Kamis, 27 Januari 2022 - 19:06 WIB
loading...
Pegadaian Kenalkan Produk Syariah ke Kemenag Sulsel
Pihak Kemenag Sulsel dan Pegadaian saat menggelar pertemuan silaturahmi pada Selasa 25 Januari 2022 lalu. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kantor Wilayah VI PT Pegadaian (Persero) Makassar melakukan silaturahmi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel, Selasa 25 Januari 2022 lalu. Kesempatan itu sekaligus dimanfaatkan Pegadaian mengenalkan salah satu produk syariah unggulan.

Silaturahmi itu dihadiri Ketua Dewan Pengawas Syariah PT Pegadaian KH Cholil Nafis, Pemimpin Kanwil VI PT Pegadaian Makassar Zulfan Adam, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah H Ali Yafis, Kepala Bidang Urais dan Pembinaan Syariah H Muhammad Tonang, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H Mulyadi Iskandar Idy, Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf H Kaswad Sartono.

Baca Juga: PT Pegadaian Makassar
Produk ini sebagai bentuk dukungan Pegadaian Syariah dalam memfasilitasi umat dalam pembiayaan porsi haji, di mana produk syariah ini sudah sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sejumlah keunggulan produk Arrum Haji, di antaranya biaya pemeliharaan barang jaminan terjangkau, jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji, emas dan dokumen haji tersimpan dengan aman serta jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat pelunasan.

Baca Juga: Pegadaian
Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, H Khaeroni menilai bahwa Praktik Gadai di PT Pegadaian Syariah telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Al-Qur’an, dipraktikan oleh Nabi Muhammad SAW dan penjelasan para ulama, termasuk fatwa MUI.

Sebab, lanjut Khaeroni, setiap produk dan akad yang digunakan dalam akad gadai selalu atas hasil kajian Dewan Pengawas Syariah yang digariskan oleh fatwa-fatwa tentang gadai dan pembiayaan oleh Dewan Syariah Nasional.

Baca Juga: Pegadaian Syariah
Sejak berdirinya Pegadaian Syariah akrab dengan masyarakat kecil untuk kebutuhan dana mendadak atau kebutuhan modal bagi usahawan kecil yang tak dapat mengakses lembaga keuangan bank. "Semoga Produk Pegadaian Syariah dapat menyelesaikan masalah keuangan dengan solusi tanpa menimbulkan masalah," pungkas Khaeroni.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)