Eksportir Baru Bermunculan, Aktivitas Ekspor Meningkat 32 Persen

Jum'at, 28 Januari 2022 - 07:56 WIB
loading...
Eksportir Baru Bermunculan, Aktivitas Ekspor Meningkat 32 Persen
Kepala Kantor KPPBC-TMP B Makassar, Andhi Pramono. Foto/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Makassar mengklaim aktivitas ekspor di wilayahnya terus mengalami peningkatan signifikan diikuti dengan eksportir baru yang bermunculan.

Kepala Kantor KPPBC-TMP B Makassar, Andhi Pramono mengatakan, dalam kurun waktu setahun kegiatan ekspor meningkat 32 persen dengan devisa mencapai USD 999 juta lebih. Sedangkan pada tahun 2020 pendapatan devisa hanya USD 755 juta lebih.

"Kalau eksportir kita ada 38 eksportir baru selama 2021 kemarin. Peningkatannya kurang lebih 26 persen eksportir baru dengan nilai pendapatan atau devisa USD 6 juta. Total kita memiliki 209 eksportir tetap," kata Pramono saat jumpa pers di kafe Jalan Serigala, Makassar, Kamis (27/1/2022).



Dia menerangkan, sudah ada 56 negara tujuan ekspor baik di Asia, Eropa, hingga Amerika. "Alhamdulillah, Sulsel ini jadi surga untuk ekspor dengan produk-produk unggulan. Mulai dari hasil laut, tambang, rempah-rempah, dan buah-buahan," ucap Pramono.

Menurutnya, hal itu ditunjang dengan kemudahan dari Bea Cukai, pemerintah dan stakeholder lain. Lebih-lebih fasilitas transportasi untuk ekspor yang kian memadai.

"Alhamdulillah di Makassar sudah ada direct shipping yang langsung ke China. Kedua kita punya direct flight dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Singapura dan Hongkong," tuturnya.

Dia berharap, apa yang telah dicapai hari ini bisa dipertahankan. Olehnya itu, Pramono mengajak masyarakat untuk tidak ragu mengekspor hasil tani, kebun sampai tambangnya.



Saat ini, sudah berlaku ekspor konsolidasi, artinya pengusaha baik industri rumahan, pekebun, petani dan UMKM tidak perlu lagi menunggu hasil buminya sampai berkontainer baru ingin ekspor.

"Tapi dengan jumlah yang sedikit pun mereka bisa mengekspor. Itu namanya ekspor konsolidasi. Artinya dalam satu kontainer terdiri dari dua atau lebih barang ekspor," tuturnya.

"Dan banyak fasilitas yang kita berikan untuk memudahkan orang agar mau mengekspor. Kita selalu bersinergi dan mendukung kemudahan ekspor dengan tagline bahwa ekspor itu mudah," tutup Pramono.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)