Wapres Ma’ruf Amin Dorong UMKM Difasilitasi Modal Sampai Bisa Ekspor

Senin, 31 Januari 2022 - 18:29 WIB
loading...
Wapres Ma’ruf Amin Dorong UMKM Difasilitasi Modal Sampai Bisa Ekspor
Wapres RI, KH Maruf Amin saat melihat produk UMKM yang dipamerkan di Lobi Kantor Gubernur Sulsel, Senin (31/1/2022). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus tumbuh. Ia berharap mereka difasilitasi mulai dari modal sampai bisa ekspor.

“Saya melihat sudah banyak, ada yang perlu modal, peralatan, juga pemasarannya. Saya berharap ini terus difasilitasi. Baik dari SDM-nya, kemudian packaging, kemasan, legalitas, permodalannya, promosinya, dan juga fasilitasi sampai ekspor,” ujar Ma’ruf saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (31/1/2022).

menyebut pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas kepada pelaku UMKM. Misalnya fasilitas KUR yang setiap tahun naik. Sekarang sudah mencapai Rp370 triliun.

“Kemudian stimulus, berupa pengurangan pajak dan sebagainya, kemudian percepatan perizinan melalui OSS dengan dibentuknya pelayanan publik sehingga menjadi cepat,” paparnya.

Bahkan saat ini, pemerintah sedang merintis bagaimana memfasilitasi pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran. Salah satu yang cukup penting adalah kualitas produk dan kemasannya.

Baca Juga: Ma’ruf
“Saya optimis pemberdayaan UMKM ini kalau terus bekerja sama, pasti akan berhasil. Saya lihat ada kemauan keras di Sulsel dan memang tadi semboyannya,” sambungnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)