TOPIK TERPOPULER

Tersangka Kasus Pencabulan Anak di Manggala Jadi DPO Polisi

Faisal Mustafa
Tersangka Kasus Pencabulan Anak di Manggala Jadi DPO Polisi
Pelaku sodomi terhadap bocah laki-laki berusia 10 tahun berinisial A, ditetapkan sebagai DPO Polrestabes Makassar. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Makassar menetapkan lelaki berinisial MR (45) sebagai tersangka kasus pencabulan atau sodomi terhadap laki-laki berinisial A (10) di Kecamatan Manggala.

Kasi Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando KS mengatakan, MR ditetapkan tersangka tanpa pernah menghadiri panggilan polisi baik dalam penyelidikan maupun penyidikan. "Sehingga yang bersangkutan dimasukan dalam daftar pencarian orang atau DPO," kata dia di kantornya, Rabu (2/2).

Baca juga: Siswa SD Diduga Disodomi Tetangganya usai Diiming-iming Uang

Lando menerangkan, MR disangka melanggar Pasal 82 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang PERPU Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. "Ancaman maksimal 15 tahun penjara," tuturnya.

Menurut Mantan Wakapolsek Tamalanrea ini, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap tersangka sebanyak dua kali. "Tapikan alat bukti sudah cukup sehingga penyidik meningkatkan status hukumnya ke penyidikan karena telah ditemukan tindak pidana," kata Lando.

Perwira Polri tiga balok ini menjelaskan saat ini surat perintah penangkapan ke jajaran Polrestabes Makassar. "Dan kami imbau siapapun yang melihat atau mengetahui keberadaan tersangka agar dilaporkan ke kami. Kepada tersangka kami imbau untuk menyerahkan diri dan bersikap kooperatif," tutur Lando.

Baca juga: Gempar! Seorang Bujangan di Sumbawa Mengaku Disodomi 3 Pria

Diberitakan sebelumnya, seorang anak laki-laki berinisial A di Kecamatan Manggala, Kota Makassar mengaku menjadi korban kekerasan seksual oleh tetangganya sendiri, lelaki berinisial MR (45).

Korban yang masih berusia di bawah 10 tahun mengaku dipaksa melayani nafsu MR di gubuk area pemancingan sekitar rumahnya. Pelaku disebut menyodomi siswa sekolah dasar tersebut secara berulang di sana.

Peristiwa ini diterangkan oleh salah satu kerabat korban, lelaki berinisial YT. Dia menjelaskan bahwa pelaku adalah pengangguran berstatus lajang yang baru saja menghirup udara bebas dengan kasus serupa.

Baca juga: Guru Ngaji di Lubuklinggau Sodomi Muridnya, Barikade 98: Harus Dihukum Berat

"Vonisnya kalau tidak salah 5 tahun. Jadi ditahu ini pas ada temannya korban lihat di gubuk, terus melapor ke orang tuanya. Di situ dia (korban) cerita kalau dikasih begitu sama pelaku. Disodomi baru dipegang kemaluannya terus menerus sampai dua minggu," papar YT kepada SINDOnews, Senin (24/1).

Dia menjelaskan, peristiwa ini terungkap pada Rabu 19 Januari 2022. Setelah korban bercerita, pihak keluarga lalu melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian dengan didampingi pihak pemerintah.





(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!