Total Kasus Terkonfirmasi Omicron di Tanah Air Capai 3.161 Orang

Kamis, 03 Februari 2022 - 06:40 WIB
loading...
Total Kasus Terkonfirmasi Omicron di Tanah Air Capai 3.161 Orang
Kasus terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron di Tanah Air kini telah mencapai 3.161 kasus. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) melaporkan kasus terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron di Tanah Air kini telah mencapai 3.161 kasus sejak pertama kali terdeteksi.

Mayoritas kasus Omicron berasal dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sebanyak 1.661 dan transmisi lokal berjumlah 1.247.

"Masih di PE (Penyelidikan Epidemiologi) 253 kasus," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi saat dikonfirmasi, Kamis (3/2/2022).



Diketahui, Omicron mulai terdeteksi muncul di Indonesia pada pertengahan Desember 2021. Kemenkes menduga kasus pertama Omicron di Indonesia terjadi pada akhir November 2021. Omicron diduga dibawa oleh warga Indonesia yang baru tiba dari Nigeria.

Berdasarkan hasil analisis dan pemantauan Kemenkes, kata Nadia, terdapat lima orang yang meninggal dunia akibat Omicron. Kemenkes memprediksi lonjakan atau puncak kasus gelombang ketiga Covid-19 akan terjadi pada Minggu ketiga dan keempat bulan ini.

"Prediksinya (puncak gelombang ketiga) sekitar Minggu ketiga atau keempat Februari, jumlah belum dapat dipastikan," ujarnya.



Kemenkes mewakili pemerintah hingga saat ini masih terus mengupayakan agar Omicron tidak menjadi gelombang badai yang mematikan seperti varian delta sebelumnya. Salah satunya, dengan mempercepat vaksinasi tahap tiga ( booster ).

"Prokes, percepatan booster, testing dan tracing dan penggunaan PL yang konsisten," ucapnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)