TOPIK TERPOPULER

Penularan Covid-19 di Tamalate dan Ujung Pandang Melonjak Sepekan Terakhir

Andi Nur Isman
Penularan Covid-19 di Tamalate dan Ujung Pandang Melonjak Sepekan Terakhir
Penularan Covid-19 melonjak sepekan terakhir. Paling tinggi terpantau di dua kecamatan yakni Tamalate dan Ujung Pandang. Foto/Illustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Penularan Covid-19 di Kota Makassar mulai naik sepekan terakhir. Epidemiolog memberi atensi terhadap dua kecamatan yang penularannya cukup tinggi.

“Sekarang banyak kita temukan di Tamalate, dan Ujung Pandang. Dulu itu Rappocini, Biringkanaya cukup tinggi,” ujar Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Ansariadi, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga: Disdik Makassar Susun Strategi Cegah Penularan Covid-19 di Kalangan Pelajar

Ansariadi menyebut dalam sepekan terakhir dua kecamatan tersebut penularannya cukup cepat. Bahkan dalam sehari bisa mencapai 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data, penularan terbanyak terjadi di Kecamatan Tamalate. Dalam sepekan hingga 2 Februari ditemukan 18 kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan di Kecamatan Ujung Pandang, sejak 28 Januari lalu sudah ditemukan 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru. “Agar tidak kembali ke sana (gelombang kedua) mari gencarkan vaksinasinya,” tegasnya.

Dia menyampaikan, Makassar paling tidak mesti mengejar vaksinasi dosis kedua sebanyak 200 ribu orang. Mereka punya waktu sekitar empat pekan ke depan untuk menuntaskannya.

“Kedua kita perlu ingatkan kepada keluarga kita. Jangan karena kasus turun beberapa lama sehingga lalai untuk menjaga diri,” ucapnya.

Baca Juga: Makassar Diprediksi Hadapi Masa Krisis Covid-19 dalam 4 Pekan ke Depan

Pemkot Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar juga diminta melakukan antisipasi dengan upaya pengendalian. Dengan begitu penularan juga bisa ditekan.

“Upaya pengendalian. Pertama sumber penularan dilakukan dengan akselerasi testing. Logistiknya (alat testing) cukup tersedia,” pungkasnya.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!