Mitigasi Banjir, DPU Makassar Masif Bersihkan Kanal

Minggu, 06 Februari 2022 - 06:46 WIB
loading...
Mitigasi Banjir, DPU Makassar Masif Bersihkan Kanal
Kegiatan bersih kanal guna memitigasi bencana banjir di Kanal Sinassara, Jalan Teuku Umar 13, Sabtu (5/2/2022) pagi. Foto/Ashari Prawira Negara
A A A
MAKASSAR - Kebersihan kanal merupakan salah satu bentuk mitigasi banjir, makanya hal itu harus terus dijaga.

Dinas Pekerjaann Umum (PU) Kota Makassar masif melakukan pembersihan kalan, salah satunya dilaksanakan di Kanal Sinassara, Jalan Teuku Umar 13, Kelurahan Buloa Kecamatan Tallo, Sabtu (5/2/2022) pagi.

Satu unit alat berat Backhoe loader dan dua unit dump truk dikerahkan dalam operasi itu.

Sebanyak 30 orang Satgas turut dikerahkan dibantu satgas kecamatan sebanyak 15 personel.



Aksi Sabtu Bersih tersebut dihadiri juga Lurah Buloa beserta stafnya, Babinsa serta masyarakat setempat.

Humas PPID Dinas PU Makassar, Hamka Drawis menyampaikan, pengerukan kanal dilakukan karena saluran sekunder Sinassara mengalami pendangkalan oleh sedimen dan dipenuhi oleh gulma juga eceng gondok.

"Nah dampaknya itu sering terjadi genangan air yang cukup tinggi sekira lutut orang dewasa jikalau musim penghujan," tuturnya.

Kedepannya, kebersihan kanal diharapkan terus dipelihara oleh seluruh pihak. Baik kelurahan, kecamatan beserta warga sekitar guna meminimalisir genangan.



Pihak warga juga memberikan apresiasi atas kinerja Satgas Drainase Dinas PU Makassar dan Gerakan Sabtu Bersih yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar .

“Terima kasih atas kerja sama semua pihak tanpa kecuali, semoga kegiatan ini dapat memotivasi kita semua," ujar Abdul, salah seorang warga.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)