alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Eks Pinca Bank Pembangunan Daerah Sulbar Dijebloskan ke Penjara

Tim Sindonews
Eks Pinca Bank Pembangunan Daerah Sulbar Dijebloskan ke Penjara
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Mantan pemimpin cabang (Pinca) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulbar Muhammad Tahir Karim akhirnya berhasil dijebloskan ke Rutan Mamuju, Minggu (18/03/2018). Terpidana kasus korupsi yang merugikan negara Rp41 miliar ini ditahan usai ditangkap setelah 8 tahun melarikan diri.

Penangkapan dilakukan langsung oleh tim gabungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Mamuju dan Kejari Makassar, Sabtu (17/03/2018) di kediaman Tahir di Jalan Bhakti 3 Makassar.

Sebelumnya, Tahir masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dan menjadi incaran aparat penegak hukum, lantaran mangkir dari hukuman yang harus memenjarakannya selama 6 tahun. Ia diputuskan bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) atas perbuatannya menyetujui permohonan permintaan kredit jasa konstruksi, memakai jaminan adalah kontrak kerja yang faktanya adalah fiktif.



Akibat perbuatan itu, MA menghukumnya dengan pidana penjara selama 6 tahun berikut pidana denda sebesar Rp300.

"Benar, terpidana Muh Tahir telah ditangkap di rumahnya Jalan Bhakti 3 Makassar. Dan ada upaya untuk melarikan diri dengan alasan untuk ganti baju, tetapi tim tidak memberi kesempatan dan langsung digiring ke Kejari Makassar untuk proses administrasi sebelum di teruskan ke Kejari Mamuju," Kasi Pidsus Kejari Mamuju, Cahyadi Sabri.

Usai ditangkap, lanjut Cahyadi, terpidana ditempatkan sementara di sel tahanan Kejari Makassar, sebelum di tempatkan di rutan Sulbar.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook