alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menunggu Pembalasan Inggris atas Pengusiran 23 Diplomatnya dari Rusia

Tim Sindonews
Menunggu Pembalasan Inggris atas Pengusiran 23 Diplomatnya dari Rusia
Langkah tegas bakal kembali diambil Pemerintah Inggris menanggapi pengusiran 23 Diplomat Inggris dari negara Rusia. Langkah tersebut dialamatkan sebagai tindakan saling balas antar kedua negara. Foto : SINDOnews

LONDON - Langkah tegas bakal kembali diambil Pemerintah Inggris menanggapi pengusiran 23 Diplomat Inggris dari negara Rusia. Langkah tersebut dialamatkan sebagai tindakan saling balas antar kedua negara.

"Mengingat perilaku Rusia sebelumnya, kami mengantisipasi tanggapan semacam ini dan kami akan mempertimbangkan langkah selanjutnya dalam beberapa hari mendatang, di samping sekutu dan mitra kami," tegas Perdana Menteri Theresa May, dalam konferensi musim semi Partai Konservatif. Minggu (18/03/2018).

"Tapi tanggapan Rusia tidak mengubah fakta-fakta dari kasus tersebut - percobaan pembunuhan dua orang di tanah Inggris, yang mana tidak ada kesimpulan alternatif selain bahwa Negara Rusia bersalah," ujarnya.



"Rusia adalah negara yang melanggar hukum internasional dan Konvensi Senjata Kimia," lanjutnya seperti dikutip dari Anadolu.

Mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal (66) dan putrinya Yulia (33) dirawat di sebuah rumah sakit pada tanggal 4 Maret setelah tidak sadarkan diri di Salisbury.

May mengatakan bahwa keduanya diracuni dengan zat saraf kelas militer yang dikembangkan oleh Rusia.

"Saya juga menetapkan tindakan yang kami lakukan sebagai tanggapan, tindakan untuk membongkar jaringan spionase Rusia di Inggris, untuk mengembangkan kekuatan baru guna mengatasi aktivitas negara yang tidak bersahabat, dan penghentian semua kontak tingkat tinggi yang direncanakan antara Inggris dan Federasi Rusia,"ujarnya.

Peristiwa baru-baru ini telah membawa hubungan Inggris-Rusia ke titik terendah sepanjang masa dan meningkatkan risiko eskalasi.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook