Bantuan Rastra Tahap Pertama di Kota Palopo Mulai Disalurkan

Senin, 13 April 2020 - 18:18 WIB
loading...
Bantuan Rastra Tahap Pertama di Kota Palopo Mulai Disalurkan
Dinas Sosial Kota Palopo mulai menyalurkan bantuan beras sejahtera (rastra) tahap pertama, Senin (13/4/2020) siang. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Dinas Sosial Kota Palopo mulai menyalurkan bantuan beras sejahtera (rastra) tahap pertama hari ini, Senin (13/4/2020) siang.

Penyaluran rastra ini dilakukan sesuai petunjuk Wali Kota Palopo, Judas Amir, untuk disalurkan di pertengahan April dan diperuntukan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Rosnida menjelaskan, program bantuan rastra daerah Kota Palopo tahun 2020 menyentuh 4.359 KPM.

"Palopo punya rastra daerah yang dianggarkan melalui APBD Kota Palopo. Jumlahnya sekira 4.359 KPM, disalurkan untuk tahap pertama periode bulan Januari sampai dengan Maret 2020," ujarnya.

"Untuk itulah, kita benar-benar menyalurkan langsung kepada penerima rastra daerah dengan teliti. Bantuan ini sangat dibutuhkan masyarakat utamanya dalam situasi mencegah Covid-19, di mana masyarakat diminta untuk lebih berdiam diri di rumah," tambahnya.

Terkait penyaluran rastra daerah tahun 2020, Wali Kota Palopo, Judas Amir, telah menyampaikan kepada seluruh camat dan lurah agar terlibat langsung.

Selain itu, dirinya juga memerintahkan kepada Satpol PP, BPBD dan aparat TNI Polri untuk melibatkan diri dalam proses pengawasan saat pembagian di lapangan.

"Tim dan aparat kelurahan mengantar langsung ke rumah keluarga penerima manfaat. Ini sengaja saya perintahkan untuk menghindari kerumunan massa di suatu tempat saat mengantre pembagian beras. Saya juga minta libatkan aparat keamanan untuk menghindari kecurangan di lapangan," ujar Judas Amir.

Untuk diketahui, pendistribusian rastra tahap I, untuk alokasi Januari sampai Maret 2020 ini sejumlah 13.077 koli.

Mengikuti instruksi Wali Kota Palopo, Bhabinkamtibmas Kelurahan Batupasi, Aipda Palutean bersama Lurah dan Bhabinsa membagikan beras rastra kepada warganya yang kurang mampu.

Beras rastra yang dibagikan kepada warganya yang kurang mampu sebanyak 183 karung yang setiap karungnya berisi 10 kg.

Data Dinas Sosial menunjukkan, jumlah rastra yang dibagi untuk tahap pertama sebanyak 130.000 kilogram atau 130 ton untuk 4.359 KPM di Palopo.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8269 seconds (0.1#10.140)