Pemerintah Diminta Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Sulsel

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:46 WIB
loading...
A A A


Sehingga keberadaan zat-zat tersebut paling tidak harus mudah dijangkau. Selanjutnya yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kasus adalah tingkat kerentanan individu.

Kerentanan individu terukur dari tingkat imunitas seseorang (IgM dan IgG). Imunitas yang tinggi lebih terlindungi dari serangan. Tingkat perlindungan yang baik lanjutnya dapat diperoleh secara natural, seperti kekebalan setelah terpapar alias penyintas hingga kekebalan buatan melalui vaksinasi.

"Semakin lengkap cakupan vaksinasi seseorang, semakin tinggi tingkat imunitas individu dari serangan Covid-19," ujarnya.

Aspek ketiga yang berkontribusi terhadap perubahan jumlah kasus adalah aspek lingkungan yang terdiri dari lingkungan fisik, kimia, psikis dan lingkungan sosial.



Akumulasi kondisi lingkungan yang buruk berdampak pada tingginya tingkat transmisi pada populasi, sehingga insiden kasus cenderung meningkat dan bertahan di populasi.

"Semakin tinggi tingkat kontak erat dengan seseorang, semakin lama dan semakin sering kontak dengan orang lain maka peluang besar untuk terjadinya pemaparan akan semakin meningkat," pungkas dia.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)