Gelaran MotoGP Mandalika Akan Dilaksanakan Selama 10 Tahun

Rabu, 09 Februari 2022 - 20:22 WIB
loading...
Gelaran MotoGP Mandalika Akan Dilaksanakan Selama 10 Tahun
Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak dilakukan pada tahun ini saja. Ajang balapan internasional ini akan diadakan secara berkesinambungan dalam kurun waktu 10 tahun. Foto: Sindonews/dok
A A A
JAKARTA - Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak dilakukan pada tahun ini saja. Ajang balapan internasional ini akan diadakan secara berkesinambungan dalam kurun waktu 10 tahun.

Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir. Dia menyebut, dalam rentan waktu tersebut, ajang MotoGP Mandalika akan menjadi momentum tepat bagi pemerintah mempromosikan sektor pariwisata Tanah Air kepada khalayak global.



"Kenapa event MotoGP ditangani secara serius? Karena ini event yang berlangsung tidak sekali-sekali di Indonesia, berbeda dengan kejuaraan dunia tadi ataupun Asian Games , tetapi event ini Insyaallah berjalan selama 10 tahun di Indonesia. Artinya ada kontinuitas dalam memposisikan Indonesia di dunia sebagai negara besar," ujar Erick dalam konferensi pers secara daring, Rabu (9/2/2022).

Erick membeberkan alasan Dorna Sports menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Menurutnya, tingkat produksi motor di Indonesia dan dukungan generasi muda kepada MotoGP menjadi pertimbangan Dorna memberikan kepercayaan kepada pemerintah untuk menyelenggarakan ajang tersebut.

"Kalau kita bicara juga bagaimana pendukung daripada MotoGP generasi muda Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia, juga dalam daripada para pembalapnya. Saya berterima kasih dengan keseriusan yang dilakukan tadi dari pihak pemerintah daerah, pemerintah pusat dan juga tentu dari ITDC Pak Bari," kata dia.

PT Pertamina (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menjadi dua perusahaan pelat merah yang mendukung pelaksanaan MotoGP. Melalui kerja sama, keduanya mengembangkan Mandalika International Street Circuit yang menjadi lokasi pelaksanaan event tersebut.

"Tentu apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina yang memang sekarang kita terus dorong menjadi perusahaan global. Kita punya target Pertamina ini mempunyai evaluasi yang sangat besar 100 miliar dolar AS. Ini mungkin perasaan pertama yang memposisikan Indonesia sebagai global company," ucap Erick.



Untuk diketahui, persiapan pramusim MotoGP memasuki tes kedua di Sirkuit Mandalika, Lombok, dilakukan pekan ini. Uji coba ini menjadi tes sebenarnya bagi para rider ajang balap motor terbesar di dunia. Jadwal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, sudah dirilis.

Sebelumnya, para pembalap telah melakoni tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia. Diawali dengan tes Shakedown pada 31 Januari dan 1 Februari, kemudian dilanjut tes pramusim pada Sabtu-Minggu (5-6 Februari 2022).

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)