Sungai Calendu Meluap, 7 Kelurahan di Bantaeng Terendam Banjir

Jum'at, 12 Juni 2020 - 23:46 WIB
loading...
Sungai Calendu Meluap, 7 Kelurahan di Bantaeng Terendam Banjir
Ilustrasi banjir.
A A A
BANTAENG - Sebanyak tujuh kelurahan yang berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Bantaeng dan Kecamatan Bissapu, Kabupaten Bantaeng, Sulsel, terendam banjir pada Jumat (12/6/2020). Banjir ini terjadi akibat meluapnya Sungai Calendu, setelah tak mampu menampung debit air dari tingginya curah hujan pada Jumat (12/6) pukul 17.00 WITA.

Selain meluapnya Sungai Calendu, banjir juga disebabkan oleh jebolnya Cekdam Balang Sikuyu pada sisi kanan akibat tak mampu menahan derasnya debit air yang terus naik.



Adapun tujuh kelurahan terdampak banjir di Kabupaten Bantaeng yakni Kelurahan Pallantikang, Kelurahan Mallilingi, Kelurahan Letta, Kelurahan Lembang Kelurahan Bonto Sunggu, Kelurahan Bontoatu dan Kelurahan Bontorita.

Sementara itu, kondisi di lapangan yang dapat dilaporkan adalah rumah warga banyak yang terendam banjir, perkebunan dan fasilitas umum lainnya juga terdampak banjir.



Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel telah melakukan koodinasi dengan dinas terkait dan berbagai komponen untuk proses assesment, pendataan dan evakuasi sejumlah warga yang terdampak. Sementara para warga yang terdampak diungsikan ke Rumah Dinas Bupati Bantaeng.

Hingga kini belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa. Namun, ada informasi yang menyebutkan seorang warga di Kabupaten Bantaeng tewas akibat tersengat listrik. Adapun seluruh kerugian dan pendataan lainnya masih dalam proses di lapangan.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)