alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Sulsel dan Jawa Barat Berbagi Informasi Program Kehumasan

Hasdinar Burhan
DPRD Sulsel dan Jawa Barat Berbagi Informasi Program Kehumasan
Kunjungan Bagian Persidangan dan Informasi DPRD Sulsel bersama awak media di Kantor DPRD Jawa Barat, Bandung. Foto : Hasdinar Burhan/SINDOnews

BANDUNG - Untuk mempererat kemitraan, Bagian Persidangan dan Informasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel mengajak awak media jalan-jalan ke negeri pasundan, Bandung, Jumat-Minggu (16-18/03/2018).

Tour selama tiga hari ini, mengajak awak media berkunjung ke DPRD Provinsi Jawa Barat, dan Kantor Redaksi Pikiran Rakyat.

Kepala Bagian Perundang undangan dan Informasi Sekretariat DPRD Sulsel, Surya Dharma Tomas mengatakan, program yang dicanangkan sejak tahun 2005 ini adalah salah satu bentuk penguatan kemitraan dengan media yang ada di Sulawesi Selatan.



Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam dokumentasi dan perluasan informasi.

"Saya berharap  melalui kegiatan ini, kita bisa sharing informasi dan pengetahuan dengan teman-teman Humas dan media di DPRD provinsi Jawa Barat," kata Surya.

Sementara itu, Kasubag Publikasi DPRD Jawa Barat, Ary Heryanto mengatakan sangat mengapresiasi dengan adanya kunjungan tersebut.

"Ini adalah kebanggaan bagi kami untuk menerima Bapak Ibu sekalian," ujarnya saat menyambut awak media dan staf Humas DPRD Provinsi Sulawesi Selatan di ruangannya.

Ia menjelaskan kegiatan yang membangun hubungan harmonis dengan media juga kerap mereka lakukan dalam bentuk Media Gathering, diskusi, dan outbound setiap dua kali setahun. Kegiatan tersebut, jelasnya, sangat membantu dalam menguatkan kemitraan dengan media sebagai ujung tombak dewan dengan masyarakat.

"Teman-teman media adalah ujung tombak, karena dari media masyarakat bisa tahu kegiatan di DPRD," tambahnya.

Selain penguatan kerjasama dengan awak media, Humas DPRD Jawa Barat juga membuat media sendiri untuk publikasi kegiatan dewan,  seperti penerbitan Majalah Bewara dan aplikasi E-Aspirasi.  Majalah bulanan Bewara dikelola oleh humas sendiri dibantu dengan para jurnalis profesional.

"E-Aspirasi selain untuk sosialisasi kegiatan dewan,  masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi tersebut.  Tinggal pilih sesuai dengan komisi terkait lalu kami tembuskan kepada anggota dewan terkait," jelas Ary yang juga menjabat pimpinan Redaksi Majalah Bewara.

Ia pun mengapresiasi kunjungan tersebut dan berencana mengadopsi bentuk kegiatan yang telah berjalan sejak tahun 2005 tersebut.

Setelah mengunjungi Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, rombongan kemudian berkunjung ke Kantor Harian Pikiran Rakyat.

Kepala Humas Pikiran Rakyat, Tanti Sitti Aisyah menjelaskan Pikiran Rakyat juga melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, termasuk dengan DPRD Provinsi Jawa Barat. Pihaknya bahkan membuat regulasi tersendiri untuk kerjasama tersebut,  tetapi tidak mempengaruhi independensi jurnalisnya.

"Kita ada regulasi yang mengatur kerjasama dengan instansi tersebut,  terutama ketika instansi pemerintah tersebut punya kegiatan atau ada program yang akan disosialisasikan.  Apalagi,  tugas kita memang untuk mensosialisasikan kegiatan atau program pemerintah," jelasnya.

Pikiran telah berdiri 52 tahun lamanya,  didirikan oleh 25 tokoh nasional. Sebagai koran lokal,  Pikiran Rakyat senantiasa mengangkat isu lokal dan bertahan selama 54 tahun sebagai koran kebanggaan Jawa Barat dengan isu regional.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook