Iran Bakal Hancurkan Kapal AS Jika Terus Lakukan Provokasi

Kamis, 23 April 2020 - 21:26 WIB
loading...
Iran Bakal Hancurkan Kapal AS Jika Terus Lakukan Provokasi
Iran dan Amerika Serikat terus bersitegang di Teluk Persia. Foto: Sputnik
A A A
TEHERAN - Militer Iran bakal menghancurkan kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), jika terus melakukan provokasi di Teluk Persia.

Hal itu disampaikan Kepala Korps Penjaga Revolusi Iran (IRGC) Hossein Salami. Ia mengatakan dalam pidato yang disiarkan oleh TV pemerintah.

Salami mencatat bahwa, setiap provokasi AS akan disambut dengan "respons yang menghancurkan".

"Keamanan Teluk Persia adalah bagian dari prioritas strategis Iran", kata Salami.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif menulis di Twitter bahwa pasukan AS, yang memprovokasi pelaut Iran di Teluk Persia, tidak memiliki bisnis di perairan yang terletak 7.000 mil jauhnya dari rumah.

Dalam tweet itu, menteri meminta Presiden Trump untuk memenuhi kebutuhan AS di tengah pandemi coronavirus, daripada mencampuri urusan dalam jurang pemisah.

Iran telah berulang kali mengutuk kehadiran AS di wilayah itu, membantingnya sebagai "ilegal", dan mengisyaratkan kesediaannya untuk meningkatkan pertahanannya.

Lonjakan ketegangan baru-baru ini terjadi setelah Angkatan Laut AS mengecam pasukan Iran karena terlibat dalam perilaku "berbahaya dan melecehkan" terhadap kapal-kapal besar permukaan Amerika selama latihan.

AS telah melakukan manuver militer di Teluk Persia sejak akhir Maret, dengan kapal serbu amfibi USS Bataan dan kelompok tempurnya tiba di jalur air pada awal April.

Presiden Donald Trump pada hari Rabu mengatakan, dia telah mengarahkan Angkatan Laut AS untuk menyerang dan menghancurkan kapal perang Iran yang mendekati dan mengintimidasi kapal perangnya di laut.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)