Tahun 2022, KIA di Kecamatan Tempe Ditarget Bisa 100 Persen

Minggu, 13 Februari 2022 - 18:09 WIB
loading...
Tahun 2022, KIA di Kecamatan Tempe Ditarget Bisa 100 Persen
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kanan) bersama Camat Tempe, Supardi Amar. Foto: Istimewa
A A A
WAJO - Pemerintah Kecamatan Tempe menargetkan, seluruh anak yang sedang mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar (SD) akan mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2022 ini.

Camat Tempe Supardi Amar mengatakan, KIA merupakan identitas yang wajib dimiliki setiap anak agar bisa mengakses layanan publik secara mandiri.



Identitas penduduk dibutuhkan oleh semua warga, tidak hanya yang berumur 17 tahun atau yang sudah menikah. Namun, identitas diri juga dibutuhkan oleh anak-anak yang berumur kurang dari 17 tahun.

Sejak tahun 2016, pemerintah sudah memberlakukan KIA dengan menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

"Tahun 2022 kami sudah berkomitmen agar seluruh anak SD di wilayah Kecamatan Tempe sudah memiliki KIA," ujarnya kepada Sindonews, Minggu (13/2/2022).

Untuk memuluskan rencana tersebut, Pemerintah Kecamatan Tempe telah mengambil langkah-langkah seperti mengumpulkan seluruh kepala sekolah agar mendata seluruh siswa dan siswa dimasing-masing sekolah.

Di tahun 2021, ratusan anak telah memperoleh KIA, namun di tahun 2022, Supardi menargetkan agar seluruh anak SD sudah memiliki KIA

"Pemberian KIA kami sudah lakukan sejak tahun 2021, namun tahun ini kami berkeinginan agar seluruh atau 100% anak SD di Kecamatan Tempe sudah mengantongi KIA," bebernya.



Saat ini, Pemerintah Kecamatan Tempe memiliki Layanan Administrasi Kependudukan Terintrgrasi (Laktasi). Dengan program Laktasi, maka pembuatan KIA tidak lagi terpusat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melainkan dengan, cukup mengirimkan data anak ke Kantor Kecamatan.

"Dengan adanya program Laktasi, penerbitan KIA sudah bisa dilakukan di Kantor Kecamatan. Saat inu kami berupaya agar seluruh kepala sekolah dan wali siswa dapat mengirimkan datat-data dari siswa dan siswi untuk mendapatkan KIA," pungkasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)