Wabup Gowa Harap Prajurit Kodam Teladani Sultan Hasanuddin

Selasa, 15 Februari 2022 - 19:35 WIB
loading...
Wabup Gowa Harap Prajurit Kodam Teladani Sultan Hasanuddin
Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, menerima sekaligus mendampingi Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Dany Budiyanto, beserta jajaran ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin, Selasa (15/2/2022). Foto: Dok Pemkab Gowa
A A A
GOWA - Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni , menerima sekaligus mendampingi Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Dany Budiyanto, beserta jajaran ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (15/2).

Dalam sambutannya, Karaeng Kio -sapaan akrabnya, menyampaikan selamat datang di Kabupaten Gowa di tempat kelahiran Raja Gowa Sultan Hasanuddin yang sekarang menjadi bagian dari nama Kodam XIV/Hasanuddin. Ia pun berharap prajurit Kodam XIV/Hasanuddin meneladani nilai-nilai luhur dari Sultan Hasanuddin.



"Ziarah makam sangat tepat dilakukan karena selama ini setiap ada pejabat baru di jajaran Kodam XIV Hasanuddin pasti selalu datang ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin ini," ujar dia.

Karaeng Kio menjelaskan Sultan Hasanuddin merupakan Raja Gowa yang Ke-16. Sultan Hasanuddin memiliki nama lengkap Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Kareng Bonto Mangape.

" Sultan Hasanuddin ini digelar sebagai Ayam Jantan Dari Timur oleh Belanda karena keberaniannya melawan penjajah pada saat itu," ungkapnya.

Olehnya itu, ia berharap melalui ziarah makam nilai-nilai keberanian dan kepahlawanan Sultan Hasanuddin dapat diteladani oleh seluruh prajurit Kodam XIV Hasanuddin. Dirinya juga berharap Kasdam XIV Hasanuddin yang baru saja menjabat ini bisa menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga: Jadi Destinasi Wisata, Nilai Poles Makam Sultan Hasanuddin Capai Rp4,5 Miliar

"Selain Sultan Hasanuddin , kami di Kabupaten Gowa juga memiliki dua pahlawan nasional lainnya, yaitu Tuanta Salamaka Syekh Yusuf dan Karaeng Pattingalloang, sehingga Kabupaten Gowa saat ini memiliki 3 pahlawan nasional," tambahnya.

Turut hadir dalam ziarah makam ini, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, Camat Somba Opu, Agus Salim.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)