BMKG Terbitkan Peringatan Dini: Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem 20-23 Februari

Jum'at, 18 Februari 2022 - 22:47 WIB
loading...
BMKG Terbitkan Peringatan Dini: Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem 20-23 Februari
BMKG memprediksi Sulsel dilanda cuaca ekstrem selama empat hari rentang Minggu (20/2/2022) hingga Rabu (23/2/2022). Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menerbitkan peringatan dini terkait cuaca di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). BMKG memprediksi Sulsel dilanda cuaca ekstrem selama empat hari rentang Minggu (20/2/2022) hingga Rabu (23/2/2022).

Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, menyatakan hasil pemantauan dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG, Sulsel Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 20 Januari

"Berdasarkan prospek kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan," ujarnya, Jumat (18/2/2022).

Irwan menjelaskan hasil analisis terkini menunjukkan adanya MJO (Madden Julian Oscillation) aktif di kuadran 3 dan bergerak menuju kuadran 4 dan 5 (Maritime Continent). MJO merupakan suatu gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari barat ke timur dengan periode osilasi kurang lebih 30-60 hari.

Fenomena ini sangat berdampak terhadap kondisi anomali curah hujan pada suatu wilayah yang dilaluinya. Selain itu, anomali suhu muka laut di selat Makassar bagian selatan, perairan Selayar, dan Teluk Bone bagian selatan bernilai positif sehingga menambah massa uap air di wilayah Sulawesi Selatan.

"Kelembaban udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb diprakirakan dalam kondisi basah sekitar 70-100 persen," katanya.



Irwan menuturkan prakiraan pada tanggal 20-23 Februari 2022, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi kabupaten dan kota, seperti Kota Parepare, Kabupaten Barru, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Maros, Makassar dan Takalar.

Di wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng dan Gowa. Wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan dan timur meliputi Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Bone bagian Selatan, Sinjai, Bulukumba, dan Kepulauan Selayar.

Angin kencang juga berpotensi terjadi di pesisir barat, selatan, dan timur Sulawesi Selatan. Selain itu, masyarakat dihimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)