Populerkan Bangunan Bersejarah di Makassar, KIPASS Gowes Wisata Budaya

Sabtu, 19 Februari 2022 - 15:36 WIB
loading...
Populerkan Bangunan Bersejarah di Makassar, KIPASS Gowes Wisata Budaya
Keluarga Besar Alumni (KBA) SMP 5 Makassar dan Komunitas Pesepeda SMP 5 Makassar (KIPASS) akan menggelar Fun Bike bertajuk Gowes Wisata Budaya pada tanggal 20 Maret 2022 mendatang. Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Keluarga Besar Alumni (KBA) SMP 5 Makassar dan Komunitas Pesepeda SMP 5 Makassar (KIPASS) akan menggelar Fun Bike bertajuk Gowes Wisata Budaya pada tanggal 20 Maret 2022 mendatang.

Ketua KIPASS, Nurdin Mone menjelaskan, sesuai dengan temanya, gowes tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan mengingatkan kembali bangunan-bangunan bersejarah yang tersebar di berbagai titik Kota Makassar.



Ada 10 bangunan bersejarah yang akan dilewati saat gowes, diantaranya Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Gedung Mulo, Menara PDAM Makassar, Rujab Wali Kota Makassar, Rumah Sakit Stella Maris, Benteng Ford Rotterdam, Gedung Kesenian, Monumen Mandala, dan lain-lain.

Titik start gowes yaitu dari Monumen Mandala dan finish di Lapangan Karebosi. Gowes tersebut rencananya akan dilepas oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

"Kami berharap dengan Gowes Wisata Budaya ini bisa mengenalkan dan mengingatkan kembali bahwa Kota Makassar memiliki banyak bangunan bersejarah ," jelas Nurdin, Sabtu (19/2/2022).

"Sehingga ke depan, jika ada komunitas pesepeda lain, yang biasanya hanya gowes , setelah kegiatan ini sudah memperhatikan gedung-gedung bersejarah yang dilewati," sambungnya.

Dia melanjutkan, Gowes Wisata Budaya ini ditargetkan bisa diikuti sekitar 1.000 orang peserta, baik dari internal KIPASS, komunitas pesepeda lainnya, hingga masyarakat umum. Nah, bagi yang ingin turut serta meramaikan gelaran ini, dapat melakukan pendaftaran di Sekretariat KIPASS yang berlokasi di Jalan Badak No 41 Makassar.



"Biaya pendaftaran untuk peserta Rp25 ribu. Sudah termasuk snack. Pendaftaran kita buka sampai H-3 kegiatan," sebut Nurdin.

Bagi peserta yang berpartisipasi, KIPASS sudah menyiapkan beragam hadiah, mulai dari 5 unit sepeda, kulkas, TV, dan lain-lain. Total hadiah mencapai Rp50 juta.

Ada juga lomba foto bagi komunitas. Syaratnya yaitu beranggotakan minimal 10 orang untuk masing-masing komunitas, berfoto dengan latar belakang bersejarah yang dilewati saat gowes , serta memiliki keseragaman kostum.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)