Hujan Deras Guyur Tompobulu, Jembatan Penghubung Desa Rusak Parah

Senin, 21 Februari 2022 - 18:36 WIB
loading...
Hujan Deras Guyur Tompobulu, Jembatan Penghubung Desa Rusak Parah
Arus sungai yang sangat deras tersebut mengakibatkan jembatan Dusun Damma yang menjadi penghubung dua desa di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros mengalami rusak parah. Foto: SINDOnews/Najmi S Limonu
A A A
MAROS - Hujan yang mengguyur Kabupaten Maros sejak dua hari terakhir membuat arus Sungai Tompobulu menjadi deras. Kondisi tersebut mengakibatkan jembatan Dusun Damma yang menjadi penghubung dua desa di Kecamatan Tompobulu mengalami rusak parah.

Camat Tompobulu, Yusriadi Arief, mengatakan jembatan rusak ini terjadi pada Minggu (20/2/2022) sekitar pukul 22.00 WITA. "Hujan terjadi cukup deras dan intens mengakibatkan debit air sungai meluap dan merusak jembatan penghubung ini," ujarnya.

Dia mengatakan jembatan yang rusak diterjang air sungai tersebut merupakan penghubung dua desa, yakni Desa Bonto Manai dan Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu. Keberadaan jembatan gantung tersebut sangat vital dan membantu warga sekitar. Pasalnya, jembatan itu biasa digunakan warga sehari-hari, khususnya anak sekolah.

Baca Juga: Jembatan di Palopo Retak, Masyarakat Diarahkan Gunakan Jalur Alternatif

"Jembatan ini merupakan akses warga desa untuk beraktifitas sehari-hari, utamanya anak-anak sekolah. Banyak warga Desa Bonto Manai yang sekolah di Desa Bonto Manurung," ujarnya.

Yusriadi mengakui masih ada akses lain yang menjadi penghubung dua desa tersebut. Hanya saja warga desa harus memutar dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

"Jalan alternatifnya ada, hanya saja harus memutar dan jaraknya cukup jauh. Jadi memang jembatan ini cukup vital," tambahnya.

Dia mengatakan jembatan rusak ini akan segera diusulkan kepada pihak Pemkab Maros agar segera mendapatkan perbaikan.

"Mungkin dalam waktu dekat, tidak bisa kita lakukan perbaikan, sementara dahulu jembatan ini dibangun dengan menggunakan dana desa pada tahun 2017. Mungkin nanti kita akan usulkan ke pemerintah daerah, agar memungkinkan mendapatkan sumber pembiayaan lain untuk perbaikan jembatan ini," tuturnya.

Selain jembatan, ratusan hektar sawah warga pun turut berdampak akibat arus sungai yang sangat deras. "Di sepanjang bantaran sungai ini ada lahan persawahan milik warga yang juga turun terendam oleh air sungai," tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)