Peringati HPSN, Pemkab Wajo Luncurkan 3 Program Dukung Wajo Mapaccing

Selasa, 22 Februari 2022 - 07:44 WIB
loading...
Peringati HPSN, Pemkab Wajo Luncurkan 3 Program Dukung Wajo Mapaccing
Pemkab Wajo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Desa Bola, Kecamatan Bola, Senin (21/2/2022). Foto/Istimewa
A A A
WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Desa Bola, Kecamatan Bola, Senin (21/2/2022).Acara itu juga diiringi dengan peluncuran tiga program baru dalam mewujudkan Wajo Mapaccing (Wajo Bersih).

Bupati Wajo , Amran Mahmud mengatakan, dalam peringatan hari peduli sampah tahun 2022 ini, ia meminta kepada masyarakat agar momentum ini dijadikan sebagai spirit untuk lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan serta membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Hal itu juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk melihat Kabupaten Wajo bebas dari sampah sehingga program Wajo Mapaccing dapat terwujud.



"Untuk medukung Wajo Mapaccing saat ini ada tiga program baru yang telah diluncurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wajo, pertama Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, kedua Gerakan Satu Bank Sampah Satu Desa/Kelurahan, dan Gebyar Subsidi Sampah. Program ini hadir agar masyarakat dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan Wajo Mapaccing," ujarnya, Senin (21/2/2022).

Menurut Amran, kepedulian terhadap sampah memang perlu ditingkatkan. Apalagi terhadap sampah plastik, sebab ada banyak bahaya dari sampah tersebut, dimana sifatnya susah terurai.

"Sampah plastik ini jika dibuang ke sungai atau laut, kemudian dimakan oleh ikan yang ada di sana dan ikannya kita makan, apalagi ibu hamil maka itu bisa memicu atau menyebabkan stunting bagi calon bayi," tambahnya

Oleh karena itu, dengan inovasi program dari DLH, diharapkan agar masyarakat mau mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan Wajo Mapaccing.

"Program Pilah Sampah dari Rumah, satu bank sampah satu desa dan kelurahan serta subsidi sampah yang akan merangsang masyarakat untuk bisa peduli sampah sesuai dengan harapan dari peringatan hari peduli sampah nasional yang dilaksanakan hari ini," sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)