alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pilkada 2020, PPP Sulsel Siap Tinggalkan Petahana di 2 Daerah

Muhaimin Sunusi
Pilkada 2020, PPP Sulsel Siap Tinggalkan Petahana di 2 Daerah
Partai Persatuan Pembangunan di Sulsel tampaknya akan meninggalkan petahana di pilkada Barru dan Maros. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel masih menggantung rekomendasi di tiga daerah yang memiliki kursi. Yakni Barru (1 kursi), Maros (2 kursi) dan Makassar (5 kursi).

Meski begitu, arah dukungan PPP di tiga daerah ini sudah mulai kelihatan. Ketua DPW PPP Sulsel, Muh Aras menegaskan bahwa usungan partainya kemungkinan besar akan meninggalkan petahana di dua daerah itu.

"Sebenarnya prosesnya sudah hampir selesai di DPP. Tinggal diterbitkan saja (rekomendasinya). Dan kelihatannya memang (di dua daerah ini), kita akan mengusung kandidat yang menantang petahana," kata Aras saat ditemui di Goal Cafe, Gowa pada Sabtu malam (13/6/2020) lalu.



Baca juga: Pastikan Tahapan Pilkada Berjalan, KPU Lakukan Pengadaan APD Sementara

PPP bukannya tanpa alasan akan meninggalkan petahana di dua daerah tersebut. Beberapa catatan dan komitmen yang tak sejalan, membuat partai ini ingin mengusung kandidat lain untuk menantang petahana.

Sebut saja di Barru. Meski masih mempertimbangkan petahana Suardi Saleh dan penantang Malkan Amin, PPP akan condong ke Malkan. Sekali pun PPP menjadi partai pengusung Suardi Saleh bersama Idris Syukur di pilkada 2015 lalu.

"PPP menjadi pengusung pasangan Idris Syukur-Suardi Saleh di pilkada lalu. Tapi kursi PPP malah turun. Dari tiga menjadi satu kursi. Ini menjadi catatan kami," ujar Aras.

Belum lagi, Aras mengklaim menjadi ketua juru kampanye Idris Syukur-Suardi Saleh saat itu. Dan berhasil menang di pilkada Barru 2015 mengalahkan pasangan Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum.

Baca juga: KPU Ajukan Penambahan Rp4,77 T untuk Pilkada Protokol COVID-19

Sementara di pilkada Maros, Aras menuturkan bahwa PPP lebih dekat dengan pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari. Paket ini memang akan menjadi penantang petahana Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Najamuddin.

"Sementara waktu berjalan ini, memang masih ada waktu untuk berubah. Tapi peluang (Chaidir) memang juga paling besar di antara yang lainnya," sebutnya.

Adapun di Makassar, PPP juga akan lebih dekat ke Munafri Arifuddin. Meski sebelumnya, anggota DPR RI ini tak menepis sempat berpikir untuk mengusung Danny Pomanto.

"Sebenarnya, awalnya kita mau ke Danny, cuma karena ada sesuatu hal, makanya kita tarik. Jadi kita berpikir untuk mengarahkan dukungan ke Appi (Munafri)," jelas Aras.

Namun demikian, PPP masih menunggu calon pendamping Appi yang final.

"Kita masih tunggu pasangannya. Karena kan kami dengar, dengan ARB (Abdul Rahman Bando) masih goyang," tandasnya.

Baca juga: PPP Minta Pemerintah Perhatikan Pesantren di Masa Pandemi COVID-19

Adapun empat daerah lain yang juga belum menentukan dukungan yakni Selayar, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara. Mengingat empat daerah ini, PPP tak memiliki kursi.

Sementara PPP di daerah lainnya yang sudah mengeluarkan rekomendasi yakni Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Gowa), Askar HL-Arum Spink (Bulukumba), Rahman Assegaf (Pangkep), Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng) dan Indah Putri Indriani (Luwu Utara).



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak