Nelayan di Luwu Utara Ikut Sekolah Lapang Cuaca BMKG

Jum'at, 25 Februari 2022 - 18:11 WIB
loading...
Nelayan di Luwu Utara Ikut Sekolah Lapang Cuaca BMKG
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution (kiri) bersama anggota DPR RI, Muhammad Fauzi. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Sejumlah kelompok nelayan di Kabupaten Luwu Utara mengikuti sekolah lapang cuaca yang digelar BMKG Maritim Makassar, Kamis (24/2/2022) di Aula Balai Latihan Kerja Tanalili.

Penyelenggaraan sekolah lapang cuaca nelayan ini salah satunya berkat aspirasi anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi Golkar, Muhammad Fauzi, yang juga sekaligus hadir membuka kegiatan.

Baca Juga: nelayan
"Kita harus siap dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan bencana tersebut. Dalam menghadapi kemungkinan tersebut tentunya harus dilakukan persiapan, salah satunya dengan sekolah lapang cuaca nelayan ini, sehingga kemampuan nelayan kita dalam merespon cuaca bisa lebih baik lagi,” kata Fauzi dalam siaran persnya.

Fauzi menyebutkan, sebagian besar nelayan masih melakukan penangkapan ikan dengan cara tradisional. Cara tersebut menurut dia akan lebih baik lagi jika dipadukan dengan kemajuan teknologi. Sehingga tangkapan ikan nelayan lebih maksimal.

"Setelah dari sini, ilmu yang kita dapat bisa segera dipraktikan, sehingga melaut bisa lebih aman dan kembali ke rumah dengan selamat,” jelas Fauzi.

Baca Juga: Bupati Luwu Utara
Menurut Sekda, nelayan harus tahu kondisi cuaca untuk keselamatan pelayaran. Apalagi di Luwu Utara banyak nelayan yang menggunakan kapal kecil yang sangat tergantung pada cuaca.

"Kami sampaikan juga bahwa pada tahun 2021 juga telah dilakukan upaya perlindungan nelayan dalam bentuk bantuan premi Asuransi Nelayan bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan melalui anggaran APBD Kabupaten Luwu Utara terhadap 1.666 Nelayan. Melalui program ini bertujuan agar berlayar menjadi aman. Seperti halnya sekolah lapang cuaca untuk nelayan hari ini yang bertujuan agar pelayaran menjadi aman karena keselamatan warga dalam hal ini nelayan dalam mencari nafkah,” ujar Armiadi.

Baca juga:Bupati Luwu Utara Buka Sosialisasi Permendagri Terkait LPPD

"Harapannya agar pertemuan ini dapat dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan di sektor kelautan dan perikanan dan dapat, membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Luwu Utara, khususnya bagi nelayan dan keluarganya,” tutur Armiadi.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Luwu Utara, Basir, para anggota DPRD Luwu Utara, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Luwu Utara, Muharwan, Kepala Stasiun Meteorologi Andi Djemma, Winarno Nurdiyanto, serta Camat Tanalili, Andi Suryati. Hadir pula melalui daring Deputi bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, serta Kepala pusat meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)