alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gabung Nasdem, Pengamat: SYL Incar Panggung Nasional

Luqman Zainuddin
Gabung Nasdem, Pengamat: SYL Incar Panggung Nasional
Pengamat Politik Sulsel Firdaus Muhammad. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) berlabuh ke partai Nasional Demokrat (Nasdem). Prosesi saat mantan bupati Gowa dua periode itu bergabung ke Nasdem dilakukan di Manado dalam rangkaian rapat konsolidasi.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Firdaus Muhammad melihat, bergabungnya SYL ke partai besutan Surya Paloh tersebut lebih pada kontestasi dirinya di level nasional. Apalagi, SYL akan mengakhiri pemerintahannya bulan depan.

"SYL akhirnya tergoda masuk Nasdem. Kalkulasinya jelas, lebih pragmatis yakni membidik pemilihan presiden. Setidaknya mengejar tiket kabinet," ujar Firdaus Muhammad kepada KORAN SINDO lewat telepon genggamnya.

Level nasional, menurut Firdaus, memang menjadi arena baru bagi SYL. Mengingat, di Sulsel, hampir semua level pemerintahan dari Lurah, Camat, sampai Gubernur dua periode.
"Pilihan SYL itu tepat sebagai arena baru pasca lengser dari posisi Gubernur," imbuh Firdaus.

Jika tujuan SYL untuk level Pilpres, artinya dia harus melakukan aktifitas lebih besar sebagai kader Nasdem. Termasuk, menyukseskan usungan partai besutan Surya Paloh ini.

"SYL harus lebih serius di Nasdem dengan ikut sosialisasi sebagai kontestan di Pilpres mendatang, termasuk ikut kampanyekan kandidat usungan nasdem di pilkada," katanya.

Hanya memang, SYL nampaknya akan berhadapan dengan situasi yang agak sulit khususnya untuk level Pilgub Sulsel. Di mana dirinya selama ini menolak menjadi juru mampanye untuk usungan NasDem Nurdin Halid - Aziz Qahhar Mudzakkar.

"Problemnya, SYL masih sulit beradaptasi untuk kampanyekan NH-Azis yang diusung Nasdem," kata dia.

Sebaliknya, bagi Nasdem, bergabungnya SYL di gerbong partai bertagline gerakan pembaruan ini, bisa mendongkrak partai dan figur yang diusung di Pilkada serentak di Sulsel. Apalagi, efek SYL sebagai orang nomor satu di Sulsel.

"Dampak positif bagi Nasdem apalagi dalam momentum pilkada. SYL diharapkan dapat lebih maksimal kampanyekan Nasdem," katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads