Bandara Arung Palakka Ditarget Beroperasi Pertengahan 2022

Jum'at, 25 Februari 2022 - 19:38 WIB
loading...
Bandara Arung Palakka Ditarget Beroperasi Pertengahan 2022
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berada di Bandara Arung Palakka, Kabupaten Bone, saat kunjungannya pada tahun 2021 lalu. Foto: SINDOnews/Justang Muhammad
A A A
BONE - Bandara Arung Palakka Kabupaten Bone, Provinsi Sulsel, ditargetkan mulai beroperasi pertengahan tahun 2022 ini, sekitar Mei-Juni mendatang.

Bandara yang berlokasi di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone ini bakal melayani rute Bone-Makassar dan Bone-Kendari.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Arung Palakka, Semuel T Duma, menjelaskan saat ini dilakukan pembenahan sarana dan prasarana Bandara Arung Palakka untuk beroperasi pertengahan tahun.



"Insya Allah, akhir Maret selesai, lalu akan dibicarakan dengan maskapai kapan masuk. Jadi diperkirakan Mei atau Juni itu sudah ada penerbangan," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Arung Palakka, Semuel T Duma, Jumat (25/2/2022).

Kata dia, Bandara Arung Palakka nantinya melayani penerbangan dengan jenis pesawat yang akan melayani rute Bone-Makassar, Bone-Kendari yakni ATR-72 .

"Maskapai yang akan melayani penerbangan untuk dua rute yakni maskapai Citilink," sebut Samuel.

Dia menambahkan, panjang runway sekarang 1.200 x 30 meter, dan rencana akan dilakukan penambahan runway. Adapun jalurnya harus melintasi sungai, dan kini sementara diajukan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, optimistis Bandara Arung Palakka sudah dapat beroperasi pertengahan tahun 2022. Apalagi bandara ini akan digunakan tidak hanya masyarakat Kabupaten Bone, tetapi juga Kabupaten Wajo, Sinjai dan Soppeng.

"Sejak tahun lalu sudah dilakukan perintisan jalan masuk, pemda yang membebaskan lahan warga, kemudian pemerintah provinsi yang membangun jalan masuk," kata Ambo Dalle.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)