Putin Klaim Rusia Lebih Hebat Tangani Covid-19 Ketimbang AS

Senin, 15 Juni 2020 - 13:01 WIB
loading...
Putin Klaim Rusia Lebih Hebat Tangani Covid-19 Ketimbang AS
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) saat bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di KTT G-20 di Hamburg, Jerman, 7 Juli 2017. Foto/REUTERS/Carlos Barria
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia , Vladimir Putin, sesumbar dengan menyebut negaranya lebih jago dalam menangani pandemi virus corona baru (covid-19) ketimbang Amerika Serikat (AS) . Klaim itu disampaikan dalam wawancara yang disiarkan televisi pada hari Minggu.

Dia membandingkan situasi di kedua negara, dengan mengatakan; "Di Rusia, kami keluar dari situasi (krisis) virus corona dengan kerugian minimal, atas kehendak Tuhan, di Amerika itu tidak terjadi seperti itu."

Rusia pada hari Minggu mengonfirmasi 8.835 kasus baru Covid-19, sehingga total kasus menjadi 528.964, tertinggi ketiga di dunia.

Beberapa daerah di negara itu secara bertahap mencabut pembatasan penguncian wilayah dan Moskow telah membuka kembali toko-toko yang tidak penting dan salon-salon penata rambut.

Amerika Serikat memiliki jumlah kasus Covid-19 terbesar di dunia, yakni 2,07 juta. Putin mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah bahwa pandemi virus corona SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 telah mengekspos "krisis internal yang mendalam" di AS.

Dia mengkritik kurangnya kepemimpinan yang kuat pada situasi krisis Covid-19. "Presiden (AS) mengatakan kami perlu melakukan ini dan itu tetapi gubernur di suatu tempat mengatakan kepadanya ke mana harus pergi," ujar Putin mengkritik pemerintah Presiden AS Donald Trump.

Baca Juga: Di Rusia, Orang-orang Memburu Obat HIV untuk Virus Corona

"Saya pikir masalahnya adalah kepentingan kelompok, kepentingan partai diletakkan lebih tinggi dari kepentingan seluruh masyarakat dan kepentingan rakyat," katanya, seperti dikutip AFP, Senin (15/6/2020).

Namun di Rusia, dia berpendapat, pemerintah dan para pemimpin regional bekerja sebagai satu tim dan tidak berbeda dari garis resmi.

"Saya ragu seseorang di pemerintahan atau daerah akan mengatakan 'kami tidak akan melakukan apa yang pemerintah katakan, apa yang dikatakan presiden, kami pikir itu salah'," kata Putin tentang strategi menangani pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)