TOPIK TERPOPULER

BNI Wilayah 07 dan Asparindo Sulsel Teken MoU Digitalisasi Pasar di Makassar

Tim SINDOnews
BNI Wilayah 07 dan Asparindo Sulsel Teken MoU Digitalisasi Pasar di Makassar
BNI meneken MoU dengan Asparindo Sulsel terkait digitalisasi pasar. Foto: Istimewa

MAKASSAR - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah 07 (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) DPD Sulsel terkait inklusi keuangan dan layanan jasa perbankan.

MoU ini diteken Wakil Pemimpin Bisnis SME dan Konsumer BNI Wilayah 07, Bagus Ardani Sutoyo dengan Ketua DPD Asparindo Sulsel, Saharuddin Ridwan pada Selasa (1/3/2022) di acara pelantikan Pengurus DPD Asparindo Sulsel 2022.

Baca juga: BNI Wilayah 07 Teken MoU dengan RS Pertamina Royal Biringkanaya Makassar

Penandatanganan disaksikan langsung Pemimpin BNI Wilayah 07, Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fashrie Radjamilo, Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Kirana, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar. Turut bergabung secara virtual Bupati Maros Bapak Chaidir Syam serta pejabat pemerintah lainnya.

Pemimpin BNI Wilayah 07, Hadi Santoso menuturkan, melalui sinergi ini, BNI akan membantu mewujudkan digitalisasi ekosistem pasar di Kota Makassar, yakni dengan mendukung digitalisasi transaksi jual beli di pasar dan digitalisasi retribusi pasar melalui BNIAgen46.

"Untuk memudahkan transaksi jual beli, BNI akan melengkapi setiap pedagang dengan Qris yang merupakan fasilitas pembayaran digital cashless yang juga dapat menekan potensi penyebaran Covid-19. Pengunjung dapat dengan mudah melakukan pembayaran non-tunai dan tanpa kartu menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut," beber Hadi Santoso.

Baca juga: Ramai-ramai Mendorong UMKM Go International

"Selain itu kami juga akan memberikan fasilitas pembiayaan kepada para pedagang pasar untuk meningkatkan aktivitas usaha melalui pemberian kredit usaha rakyat (KUR) sehingga diharapkan dengan fasilitas tersebut dapat membangkitkan perekonomian dan menggerakkan kembali aktivitas transaksi penjual dan pembeli di pasar tradisional," sambung Hadi Santoso.

Sementara itu, Ketua Asparindo, Saharuddin Ridwan menyampaikan apresiasinya kepada BNI. Ia berharap, kerja sama ini dapat menciptakan digitalisasi pasar dan membantu pedagang meningkatkan produktivitasnya, melalui penguatan modal dengan pemberian fasilitas kredit ataupun fasilitas perbankan lainnya.





(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!