Awasi Orang Asing, Tim PORA Sulsel Perkuat Sinergi

Selasa, 01 Maret 2022 - 20:16 WIB
loading...
Awasi Orang Asing, Tim PORA Sulsel Perkuat Sinergi
Rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Provinsi Sulsel di Hotel Maxone Makassar, Selasa (1/3/2022). Foto: Humas Kemenkumham Sulsel
A A A
MAKASSAR - Plt Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulsel , Sirajuddin membuka rapat koordinasi dengan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Provinsi Sulsel di Hotel Maxone Makassar, Selasa (1/3/2022).

Sirajuddin selaku Ketua Tim PORA Sulsel mengatakan, pengawasan orang asing untuk menjaga stabilitas dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel
Tugas Tim PORA adalah melakukan tukar-menukar informasi mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing. Juga menginventarisasi permasalahan di bidang pengawasan orang asing. Selain itu memberikan saran/pertimbangan kepada instansi dan atau lembaga pemerintahan terkait, pengawasan orang asing. Serta menganalisa, mengevaluasi data dan informasi yang diterima terkait keberadaan dan kegiatan orang asing.

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel
Kemudian, terkait kebijakan penerapan surat rekomendasi pembuatan paspor bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan bekerja di luar negeri sebagai awak alat angkut.

Hadir sebagai pembahas pejabat fungsional Dinas Tenaga Kerja Sulsel, Rosmina Guntur dan dr Andi Lukman dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar.

Baca juga:Menkumham RI Yasonna Laoly Terima Penghargaan dari Presiden Filipina

Menurut Mirza, data warga negara asing (WNA) yang berada di Sulsel per Februari 2022 terdiri atas pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS)741 orang, izin tinggal tetap (ITAP) 42 orang, dan pengungsi sebanyak 1.541 orang. Pengungsi ini tersebar di 20 Community House se-Kota Makassar di bawah pengawasan Rumah Detensi Imigrasi Makassar.

Hadir pada kegiatan ini perwakilan Polda Sulsel, Kodam XIV Hasanuddin, BNN Sulsel, Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Kosek II Koopsud II, BAIS, KKP, Disnakertrans, Lantamal, dan perwakilan UPT Keimigrasian di Sulsel.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)