alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Makassar Catat 468 Pemilih Sementara Disabilitas

Luqman Zainuddin
KPU Makassar Catat 468 Pemilih Sementara Disabilitas
Pemilih disabilitas. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) tak hanya mendapatkan daftar pemilih tetap untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Namun juga, memilah pemilih berdasarkan sejumlah kategori, misalnya pemilih dari kaum difabel.

Di Makassar misalnya, daftar pemilih sementara (DPS)  untuk Pilwalkot  Makassar yang ditetapkan dari hasil coklit DP4 di angka 862.731 memiliki pemilih kategori disabilitas. Data yang diperoleh dari KPU kota Makassar, jumlah kaum disabilitas hanya sepersekian persen dari keseluruhan DPS yakni 468.

Komisioner divisi data dan hupmas KPU kota Makassar Rahma Saiyed menjelaskan, data 468 disabilitas tersebut sebenarnya belum final. Karena masih sementara. Olehnya itu, jumlah tersebut masih memungkinkan bertambah, atau berkurang.

"Tidak bisa dijadikan patokan DPS. Karena itu sifatnya sementara dan masih bisa mengalami perbaikan. Nanti DPT (baru jumlah pastinya)," terang Rahma Saiyed lewat sambungan selulernya, kemarin.

Adapun 468 pelilih sementara disabilitas itu terbagi dalam beberapa kategori dengan rincian: tuna netra 100 orang, tuna rungu/wicara 70, tuna daksa 37 orang, tuna grahita 40 orang, serta lainnya 121.

Rahma memastikan, bahwa proses pendataan yang dilakukan pihaknya selama ini dipastikan mengakomodir kaum disabilitas. Karena, perintah undang-undang menurutnya memang memerintahkan itu, dan tidak membeda-bedakan.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads