Tahun Ajaran Baru, Pengenalan Sekolah Dilakukan Via Online

Selasa, 16 Juni 2020 - 08:05 WIB
loading...
Tahun Ajaran Baru, Pengenalan Sekolah Dilakukan Via Online
Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel merencanakan skenario pembelajaran via online saat tahun ajaran baru sekolah dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel merencanakan skenario pembelajaran via online saat tahun ajaran baru sekolah dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang.

Pelaksana (Plt) Kepala Disdik Sulsel , Basri mengaku, rencana ini juga akan diterapkan bagi siswa baru nantinya. Utamanya saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dimulai sesuai jadwal tersebut. Baca : Jadwal PPDB Tingkat SMA di Sulsel Diundur Hingga 15 Juni

"Target kita bahwa kita akan memasuki kalander baru atau kalender akademik itu hari pertama sekolah tanggal 13 juli 2020. Ini kita juga memaksimalkan dengan masa pengenalan linfkungan sekolah. Ini juga nanti untuk sementara kita rancang secara online," ungkap Basri kepada SINDOnews.

Dia memaparkan, saat ini sedang dalam masa penerimaan siswa didik baru (PPDB) utamanya tingkat SMA/SMK/SLB. Meski demikian, dia meminta tiap sekolah mulai mempersiapkan konsep saat MPLS dimulai secara online.

"Jadi misalnya siswa kita yang sudah dinyatakan lulus, mengenal sekolahnya itu melalui online. Lalu setiap panitia sekolah memampilkan profil sekolahnya, kemudian siswa-sisa kita bisa mengakses informasi sesuai sekolah yang dipilih," tambah dia.

Selama masa MPLS, sekolah juga diminta mempersiapkan psikotest bagi siswa baru nantinya. Tes ini untuk siswa baru khususnya SMA, yang akan memilih jurusan yang diinginkan nantinya entah IPA atau IPS.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Bakal Diperpanjang Hingga 19 Juni

Tidak hanya para siswa baru, tahun ajaran baru yang proses belajar mengajarnya via online untuk semua siswa dan guru di sekolah tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 diingkungan sekolah.

"Kita di Disdik Sulasl masih mempersiapkan skenario tahun ajaran baru nanti. Kalau tetap dibuka tanggal 13 Juli 2020, proses belajar mengajarnya tetap online. Artinya siswa kita tetap belajar di rumah. Untuk sementara kita juga menunggu petunjuk pusat," paparnya.

Saat ini PPDB tengah berlangsung. Proses pendaftarannya pun digelar secara online. Namun PPDB inj baru dibuka untuk jalur Boarding school yang dimulai sejak 15-19 Juli 2020.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Sabri mengatakan, khusus PPDB jalur boarding hanya dibuka untuk beberapa sekolah. Adapun sekolah boarding school di Sulsel, yakni SMAN 17 Makassar, SMAN 13 Pangkep, SMAN 5 Parepare, SMAN 5 Gowa, SMAN 6 Barru, SMAN 11 Pinrang, dan SMAN 11 Pangkep.

"Untuk PPDB jalur boarding school ini hanya dibuka di tujuh sekolah di Sulsel. Kuota penerimaannya terbatas hanya untuk total 795 siswa," beber Sabri.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)