Pemkab-BBPOM Komitmen Proaktif Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan

Selasa, 08 Maret 2022 - 18:19 WIB
loading...
Pemkab-BBPOM Komitmen Proaktif Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan
Pemkab Bulukumba berkerja sama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM). Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba meminta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), bisa lebih proaktif dalam melakukan pengawasan obat dan makanan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Permintaan tersebut menjadi pendukung dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemkab Bulukumba bersama dengan BBPOM dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan serta penegakan hukum atas pelanggaran di bidang obat dan makanan.



Selain sebagai upaya meningkatkan pengawasan obat dan makanan. Momentum itu juga diharapkan sebagai dukungan atas program prioritas nasional yaitu Gerakan Keamanan Pangan Desa, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah, yang mana Bulukumba menjadi salah satu kabupaten dari pelaksanaan program nasional ini.

Di mana dua desa menjadi pilot project program tersebut yakni Desa Bialo Kecamatan Gantarang dan Desa Manjalling Kecamatan Ujungloe dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memilih produk Obat dan Makanan yang aman, berkhasiat/ bermanfaat, dan bermutu sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka melindungi masyarakat.

Kepala Balai BBPOM, Hardaningsih, mengatakan bahwa, penyatuan paham antara pemerintah daerah sebagai bentuk meningkatkan koordinasi secara strategis dalam pelaksanaan program aman pangan. Sekaligus memetahkan program instansi terkait agar sinergitas dalam menjalankan program keamanan pangan dapat diwujudkan.

"Secara strategis dan kontinyu perlu adanya koordinasi agar seluruh program kegiatan aman pangan , dapat dijadikan sebagai program yang terintegrasi," terangnya.

Kegiatan pangan aman, lanjut Hardaningsi, pasar pangan berbasis komunitas dan panganan anak usia sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan.

"Ini juga untuk memperkuat ekonomi desa sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk peningkatan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit tidak menular dan peningkatan efektivitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan dan mutu pangan yang beredar,” ujarnya.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang membuka kegiatan menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Bulukumba sebagai daerah pelaksanaan Program Prioritas Nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)