Jelajah Literasi Sekolah di Maros Sasar 14 Kecamatan

Selasa, 08 Maret 2022 - 18:40 WIB
loading...
Jelajah Literasi Sekolah di Maros Sasar 14 Kecamatan
Bunda Literasi Kabupaten Maros, Suhartina Bohari, melakukan jelajah literasi sekolah di Kecamatan Camba, Selasa (8/3/2022). Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Bunda Literasi Kabupaten Maros, Suhartina Bohari , melakukan jelajah literasi sekolah di Kecamatan Camba, Selasa (8/3/2022). Kegiatan ini dipusatkan di SMP 3 Camba, dengan menghadirkan kepala sekolah SD dan SMP di tiga kecamatan yakni Camba, Cenrana dan Mallawa.

“Dalam rangka mensosialisasikan gerakan literasi ke siswa di sekolah, kami melakukan road show ke 14 kecamatan dengan mengundang kepala sekolah SD dan SMP. Tapi, tekniknya kita gabung saja untuk kecamatan terdekat, kita mulai dengan Kecamatan Lau yang digabung dengan Kecamatan Bontoa pada hari pertama, kemudian hari kedua Camba, Cenrana, dan Mallawa," ungkap Suhartina .



Dia menyampaikan jika gerakan literasi Kabupaten Maros pada akhirnya bertujuan untuk kesejahteraan. Untuk itu, jelajah literasi sekolah di Maros akan dilakukan di seluruh kecamatan, dimana pihaknya menyasar 14 kecamatan.

"Karena masyarakat yang literate akan memiliki pemahaman yang baik, pengetahuan yang luas, dan berdaya saing dalam kehidupan ini, memiliki pemahaman kebudayaan yang baik sehingga lahir manusia unggul yang paham budaya dan tata krama, memiliki kemampuan hidup di era modern dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia digital serta kemampuan mengatur finasial untuk merencanakan masa depannya dengan baik dari kemampuan mengolah finansial tersebut," papar Ketua Golkar Maros ini.

Lebih lanjut, dia menyampaikan jika gerakan literasi memang identik dengan membaca, namun Suhartina menyebut jika membaca hanya menjadi salah satu bagian dari literasi.

"Ada 7 cakupan besar literasi, bukan hanya membaca, tapi mulai dari literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya, literasi digital dan terakhir literasi lingkungan," sebut dia.



Terakhir, Suhartina mengapresiasi sekolah yang sudah mengaplikasikan langsung literasi finansial, yakni setiap siswa sudah memiliki buku tabungan.

"Ini sangat kita apresiasi, para siswa sudah memiliki buku tabungan sendiri tentu ini adalah bentuk pengaplikasian literasi finansial," tutupnya.

Untuk jadwal jelajah literasi pada Senin (7/3/2022) yakni Kecamatan Lau dan Bontoa. Lalu, pada Selasa (8/3/202@) di Kecamatan Cenrana, Camba, Mallawa, serta Rabu (9/3/2022) pada Kecamatan Simbang dan Bantimurung. Sedangkan pada Kamis (10/3/2022) dilakukan di Kecamatan Marusu dan Mandai serta di Kecamatan Maros Baru dan Turikale pada Selasa (15/3/2022). Terakhir, digelar di Kecamatan Tanralili, Tompobulu dan Moncongloe pada Rabu (16/3/2022).

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)