Bupati Barru dan Legislator Senayan Sebut Bansos Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

Rabu, 09 Maret 2022 - 12:41 WIB
loading...
Bupati Barru dan Legislator Senayan Sebut Bansos Gerakkan Ekonomi Kerakyatan
Bupati Barru Suardi Saleh dan Anggota DPR RI Samsu Niang saat penyerahan bansos untuk masyarakat penerima manfaat. Foto: Istimewa
A A A
BARRU - Pemerintah daerah merasakan adanya dampak positif bantuan sosial (bansos) terhadap perekonomian lokal. Bansos dinilai telah menggerakkan perekonomian daerah terutama terkait kebijakan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk mempercepat pencairan bansos.

Bupati Barru, Suardi Saleh , menyampaikan manfaat bansos sangat positif. Bukan cuma untuk masyarakat penerima tapi juga pemerintah daerah. Bansos dinilai mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan lantaran menjadi pendorong perputaran ekonomi.

" Bantuan sosial dari Kemensos telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami. Uang yang mereka terima dibelanjakan di warung-warung setempat. Tentu saja ini menjadi pendorong perputaran ekonomi," kata Bupati Suardi aleh ditemui di lokasi bencana banjir di Mallusetasi, dalam keterangan persnya, Rabu (9/3/2022).



Pernyataan senada disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI Samsu Niang yang hadir dalam penyerahan bantuan bencana banjir di Kecamatan Mallusetasi. Samsu menyatakan, dalam setiap kunjungan ke daerah memantau penyaluran bansos , ia dapat melihat bagaimana bansos menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Saya belum tahu berapa nilai total bantuan untuk Kabupaten Barru. Kalau di Kabupaten Pangkep kemarin saya kunjungi, itu bantuan Kemensos Rp25 miliar. Nah itu tentu saja jumlah yang cukup besar. Sangat berarti dalam menggerakkan perekonomian rakyat," katanya.

Dengan gambaran tersebut, Samsu menyatakan bansos berperan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional sejalan dengan kebijakan pemerintah mengatasi krisis sebagai dampak pandemi.

"Dengan nilai puluhan miliar, bila bansos tersebut dibelanjakan di desa-desa, maka ekonomi di tingkat bawah akan berputar. Selanjutnya akan menghidupkan ekonomi nasional karena bansos ini kan nasional cakupannya," kata Samsu.

Terkait dengan penerbitan petunjuk teknis (juknis) dari Kemensos untuk mempercepat salur Program Sembako, Samsu melihat perkembangan positif di lapangan.

"Di Sulawesi Selatan ini cukup bagus. PT Pos bergerak cepat ya menyalurkan bantuan secara tunai. Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk belanja tidak mesti di E Warong. Bisa belanja ke warung-warung lainnya. Inilah yang menjadi dorongan tambahan bahwa bansos bisa menggerakkan ekonomi rakyat," tutur legislator Senayan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)