Hati-Hati Insomnia, Lakukan 6 Hal Ini untuk Atasi Kecanduan Kopi

Kamis, 10 Maret 2022 - 08:09 WIB
loading...
Hati-Hati Insomnia, Lakukan 6 Hal Ini untuk Atasi Kecanduan Kopi
Banyak orang yang mengalami kecanduan dan merasakan efek samping sulit tidur atau insomnia akibat mengonsumsi kopi setiap hari. Foto/Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi kopi pada siang hari dapat membantu untuk tetap terjaga dan berkonsentrasi. Akibatnya, banyak orang yang mengalami kecanduan dan merasakan efek samping sulit tidur atau insomnia .

Melansir laman Everyday Health pada Rabu (9/3/2022), berikut adalah 6 cara menghilangkan kecanduan kopi.

1. Pelajari komposisi minuman

Pelajari bahan pada makanan dan minuman dan hati-hati dengan kafein. Kafein ditambahkan ke banyak soda dan minuman energi.



2. Kurangi konsumsi kafein secara bertahap

Rencanakan diet kafein Anda secara bertahap. “Kafein membuat ketagihan. Jika Anda membuang sepertiga kopi pagi Anda hari ini, tunggu tiga hari dan kemudian buang sedikit lagi sehingga Anda minum setengahnya, Anda memulai awal yang baik,” kata Susan Roberts, PhD, profesor nutrisi di Tufts University dan penulis The "I” Diet.

Jika Anda ingin menyerah sepenuhnya, teruskan saja langkah-langkahnya. Pengurangan ini akan membantu mengurangi gejala diet kafein seperti sakit kepala, lekas marah, gelisah, dan mual.

3. Kurangi kandungan kafein dalam minuman

Anda tetap boleh minum kopi, tetapi mengandung jumlah kafein yang lebih rendah dan membawa risiko gejala kecanduan kafein yang lebih kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)