RSUD Andi Makkasau Buka Layanan Kateterisasi Jantung

Sabtu, 12 Maret 2022 - 11:36 WIB
loading...
RSUD Andi Makkasau Buka Layanan Kateterisasi Jantung
Manajemen RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, kini membuka layanan dengan alat kedokteran lebih modern Cath Lab. Layanan tersebut dibuka menyusul terbitnya izin dari Bapeten dan telah siapnya SDM dokter spesialis. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, kini membuka layanan dengan alat kedokteran lebih modern Catheterization laboratory atau Cath Lab. Layanan tersebut dibuka menyusul terbitnya izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan telah siapnya SDM dokter spesialis.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau , Parepare, Ibrahim Kasim, menjelaskan Cath Lab merupakan alat canggih yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan pembuluh darah pada jantung.



"Cath Lab ini ke depan memang sangat diharapkan membantu masyarakat dalam layanan pengobatan jantung. Ini sejalan dengan program walikota Parepare dalam Parepare sebagai pusat layanan kesehatan untuk wilayah utara Sulsel," kata Ibrahim.

Ibrahim mengemukakan, tidak sedikit antrean pasien pemasangan cincin di Makassar, baik itu gangguan-gangguan pembuluh darah, pasien stroke yang dilakukan oleh dokter neurointervensi. Nah, itu semuanya nanti dapat dilakukan dengan Cath Lab ini tanpa harus rujuk pasien ke RS Wahidin, Kota Makassar.

Kelebihan Cath Lab diagnostik, tambah Ibrahim, berfungsi untuk mengetahui di mana kelainan sumbatan yang ada di pembuluh darah secara detail.

"Selain sebagai diagnostik, juga membantu dalam melakukan tindakan atau intervensi oleh dokter untuk dilakukan pemasangan stent pada jantung," jelas Ibrahim.

Cath Lab, kata Ibrahim lagi, sudah tangani satu pasien, dan sudah kembali ke rumahnya dengan sehat. Hanya saja kata dia, pasien itu merupakan pasien umum karena layanan Cath Lab belum masuk dalam item pelayanan yang dikerjasamaakan dengan BPJS Kesehatan.

"Ke depan, kita berharap BPJS Kesehatan dapat melakukan kerjasama dengan rumah sakit untuk pemanfaatan Cath Lab ini agar masyarakat yang kurang mampu dan harus dilakukan tindakan dengan menggunakan alat ini, maka tentu saja sangat terbantukan dari persoalan biaya karena telah ditanggung oleh BPJS," harap Ketua IDI Parepare dua periode ini.

Sementara dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSUD Andi Makkasau Parepare , Asni Mustafa, mengungkapkan tindakan Cath Lab merupakan tindakan kateterisasi jantung yang mirip dengan pemasangan infus di tangan, hanya saja selangnya tipis, panjang yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah, kemudian diarahkan menuju jantung.



Setelah itu, kata Asni, dilakukan suntik kontras untuk melihat berapa persen sumbatan di pembuluh darah. Kalau sudah diketahui berapa persen sumbatannya, selang sebelumnya dilepas kemudian dimasukkan lagi selang berikutnya yang menuntun stent atau ring cincin ke jantung.

"Jadi, bagi pasien sudah pasang cicin pada jantung, disarankan minum obat pengencer darah seumur hidup agar tidak muncul lagi sumbatan-sumbatan pada stent yang telah dipasang," tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)