Berstatus Zona Hijau, Toraja Utara Kini Siap Jalankan New Normal

Selasa, 16 Juni 2020 - 09:55 WIB
loading...
Berstatus Zona Hijau, Toraja Utara Kini Siap Jalankan New Normal
Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang mengendarai motor pantau kesiapan New Normal di Desa Rantebua Sanggalangi. Foto : SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara siap menyambut kehidupan normal baru atau new normal. Hal itu ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang saat melakukan kunjungan kerja di desa Rantebua Sanggalangi' kecamatan Rantebua kabupaten Toraja Utara. Baca : Satu-satunya di Sulsel, Toraja Utara Berstatus Zona Hijau COVID-19

Rinto, sapaan akrab Wabup Toraja Utara mengatakan pemkab Toraja Utara telah melakukan berbagai persiapan menyambut kehidupan New Normal. Termasuk, berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membahas kesiapan-kesiapan kedepannya.

Kesiapan itu dimulai dari jalur perhubungan atau perlintasan perbatasan kabupaten Toraja Utara dengan kabupaten tetangga. Masyarakat yang melintas dari Toraja Utara atau sebaliknya harus memiliki surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit daerah asal mereka.

Surat keterangan sehat itu untuk diperlihatkan kepada petugas pos yang menjaga. Siapa pun yang melalui pelintasan perbatasan harus melakukan cek suhu tubuh. Selain itu, kesiapan dilakukan pada sarana publik seperti di rumah ibadah dengan menyediakan fasilitas pencuci tangan serta pengecekan suhu tubuh bagi warga yang masuk dan keluar rumah ibadah.

Begitu juga dengan pasar, hotel, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya, akan dilakukan hal sama. “Kita harus sama-sama siap menghadapi new normal. Namun jangan lengah, tetap waspada,” kata Rinto.

Baca Juga : Anggota Dewan Soroti Surat Bupati Tana Toraja

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat Toraja Utara agar dalam menjalani tatanan hidup normal baru ini tetap saling menjaga kondisi kesehatan. Agar tidak ada lagi penambahan jumlah pasien positif corona. Penerapan protokol kesehatan juga harus berlaku agar secara meminimalisir penyebaran covid-19.

"Hal ini tentunya harus disertai dengan penerapan protokol menjaga kesehatan yang ketat dan disiplin dari masyarakat," kata Rinto.

Selama kunjungan kerja itu, Wabup Toraja Utara didampingi Kepala Desa Rantebua Sanggalangi', Usman Lumpa Makassa. Wabup Rinto juga melihat kondisi akses jalan di daerah perbatasan Toraja Utara dengan kabupaten Luwu dan kabupaten Tana Toraja. Rinto juga menyempatkan diri melihat potensi wisata di desa yang ada di ujung timur Kabupaten Toraja Utara itu.

Kepala Kepala Desa Rantebua Sanggalangi', Usman Lumpa Makassa mengatakan pemerintah dan masyarakat desa Rantebua Sanggalangi' siap dan terus menjaga kampung serta terus sosialisasi protokol kesehatan.

"Kami senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," kata Usman. Baca : Masa Belajar di Rumah Bagi Siswa di Tana Toraja Diperpanjang
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)