Dinkes Bone Galakkan Prorgam Bias untuk Ciptakan Herd Immunity Anak

Minggu, 13 Maret 2022 - 23:18 WIB
loading...
Dinkes Bone Galakkan Prorgam Bias untuk Ciptakan Herd Immunity Anak
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone kembali menggalakkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Foto: Istimewa
A A A
BONE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone kembali menggalakkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok pada anak.

Rencana pelaksanaan bulan imunisasi nasional tahun 2022 akan dilakukan pada bulan Maret dengan pemberian tambahan Campak Rubela dengan sasaran usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone drg Yusuf menuturkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sempat tertunda. Pasalnya, anak usia sekolah kebanyakan belajar melalui online atau daring sejak pandemi Covid-19.



"Sehingga pada awal Maret ini kembali digalakkan upaya pemerataan jangkauan imunisasi di 27 kecamatan di Kabupaten Bone," kata drg Yusuf yang ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Bone, Jalan Ahmad Yani.

Kata dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Bone tidak hanya fokus pada percepatan vaksinasi Covid 19, sehingga tidak menjalankan imunisasi pada anak usia sekolah.

"Kita jangan lupa bahwa pada anak terdampak sejumlah penyakit yang mengintai jika tidak dilakukan imunisasi secara lengkap, seperti penyakit campak, tetanus, polio dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, dr Kasmawar Abbas menuturkan pentingnya imunisasi lengkap pada anak untuk menghindari sejumlah penyakit pada diri anak.

Adapun sejumlah penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD31), adalah polio, hepatitis B, pertusis, difteri, haemophilus influenzae tipe B, campak dan tetanus.

"Maka dari itu perlu dilakukan kampanye imunisasi massal dalam upaya mempertahankan pentingnya imunisasi rutin pada anak untuk menghindari penyakit tersebut, hal ini bisa berpotensi terjadinya kembali penyakit tersebut apalagi masih situasi pandemi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3243 seconds (0.1#10.140)