Kontribusi Nyata PT Vale untuk Sulsel: Serap 87% Pekerja Lokal hingga Jaga Lingkungan

Selasa, 15 Maret 2022 - 17:34 WIB
loading...
Kontribusi Nyata PT Vale untuk Sulsel: Serap 87% Pekerja Lokal hingga Jaga Lingkungan
Lebih dari lima dekade beroperasi di Sulsel, PT Vale telah memberikan berbagai kontribusi nyata untuk masyarakat dan pemerintah. Foto: Dok PT Vale Indonesia
A A A
MAKASSAR - Manajemen PT Vale Indonesia angkat bicara ihwal tudingan anggota DPRD Sulsel terkait tidak adanya kontribusi perseroan terhadap daerah. Sebaliknya, perusahaan tambang itu telah memberikan kontribusi nyata dan besar di berbagai bidang. Mula dari menyerap banyak tenaga kerja lokal hingga turut menjaga lingkungan.

Senior Manager Communications PT Vale , Bayu Aji, menegaskan selama lebih dari lima dekade beroperasi, perseroan telah menunjukkan kinerja dan kontribusi bagi masyarakat maupun pemerintah. Tidak sekadar menyerap tenaga kerja lokal, PT Vale juga berkomitmen menerapkan penambangan berkelanjutan.

“Lebih setengah abad kami beroperasi di Indonesia. Perjalanan membentuk dan memberikan kami banyak pelajaran. Tentang bagaimana menjadi perusahaan yang menjalankan prinsip-prinsip penambangan yang baik dan berkelanjutan,” ujar Bayu, dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2022).

PT Vale selama beroperasi di Sulsel, khususnya Kabupaten Luwu Timur, kata dia, turut berkontribusi dalam membangun manusia. Salahn satunya dengan membuka lapangan kerja yang luas dan memberdayakan masyarakat lokal. Hingga saat ini, ada sekitar 11.000 pekerja dari masyarakat lokal maupun seantero nusantara.



"Sebanyak 87 persen karyawan adalah masyarakat lokal Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tempat tambang dan pabrik perusahaan beroperasi saat ini,” ungkap dia.

Bayu menyebut PT Vale juga tampil menjadi produsen nikel berbasis energi bersih. Keberadaan tiga PLTA PT Vale mampu meniadakan emisi karbon sebesar 1.096.705 ton CO2eq per tahun dari tidak menggunakan batubara sebagai bahan bakar. PT Vale bahkan mendistribusikan listrik 10,7 megawatt untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Luwu Timur.

Termasuk mengoperasikan boiler listrik yang nol emisi untuk kebutuhan pabrik pengolahan dari sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil.

Lebih jauh, ia menjabarkan selama ini aktivitas penghijauan setelah tambang pun senantiasa dilakukan. PT Vale mengintegrasikan aktivitas penambangan dengan rehabilitasi lahan pascatambang dengan luas total reklamasi lahan pascatambang telah mencapai 3.012,44 hektar di Blok Sorowako. Adapun alokasi dana tahunan rata-rata lebih dari 2 juta dollar AS.

“Membangun pusat pembibitan modern (nursery) untuk mendukung aktivitas rehabilitasi lahan pasca tambang. Nursery beroperasi sejak sejak 2006 di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan kapasitas produksi rata-rata 700.000 bibit per tahun,” terang dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2737 seconds (0.1#10.140)