Nusantara Ekspor, Karantina Pertanian Target Rp350 Miliar Khusus Sulsel

Selasa, 15 Maret 2022 - 18:58 WIB
loading...
Nusantara Ekspor, Karantina Pertanian Target Rp350 Miliar Khusus Sulsel
Kepala Karantina Pertanian Makassar Lutfie Natsir memberikan keterangan pers terkait persiapan pelaksanaan Nusantara Ekspor 2022 pada acara media gathering. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar siap menggelar Nusantara Ekspor 2022 yang digelar secara hybrid dari Terminal Petikemas Makassar, Pelabuhan Soekarno-Hatta pada 24 Maret mendatang.

Kegiatan itu rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi, dan enam menteri secara virtual. Nusantara Ekspor diselenggarakan dalam rangka memeriahkan persiapan gelaran Presidensi G20 pada Kelompok Kerja Pertanian Tahun 2022.



Kepala Karantina Pertanian Makassar , Lutfie Natsir, menyampaikan pelaksanaan Nusantara Ekspor merupakan satu dari lima agenda ekspor komoditas pertanian pada tahun ini. Empat kegiatan lainnya yakni Kartini Ekspor pada April, Bangkit Ekspor pada Mei, Merdeka Ekspor pada Agustus dan Gebyar Ekspor pada Desember.

Khusus Nusantara Ekspor, ia bilang akan diikuti oleh 50 pintu pengeluaran ekspor secara daring. Target nilai komoditas pertanian yang diekspor pada kegiatan kali ini mencapai Rp17 triliun, naik dari capaian sebelumnya sebesar Rp14 triliun. Khusus Sulsel, pihaknya menargetkan dapat menembus angka Rp350 miliar.

Lutfie optimistis target tersebut dapat tercapai lantaran potensi ekspor komoditas pertanian asal Sulsel sangat menjanjikan. Begitu banyak komoditas pertanian di daerah ini yang diminati pasar luar negeri. Namun, diakuinya memang butuh pendampingan guna memastikan komoditas pertanian itu aman dan layak.

"Target kita secara akumulatif (nasional) Rp 17 triliun. Sejauh ini (untuk Sulsel) baru Rp257 miliar, target Rp350 miliar," ungkap dia, saat acara media gathering di salah satu warkop di bilangan Jalan Pelita Raya, Kota Makassar, Selasa (15/3/2022).

Ia mengimbuhkan hingga kini pihaknya terus mendorong agar ekspor pertanian di berbagai kabupaten/kota lingkup Sulsel dapat terus meningkat. Untuk itu, pihaknya bahkan melakukan pendampingan, seperti yang dilakukan di Kabupaten Gowa, dimana diselenggarakan nota kesepahaman antara eksportir dan petani.



Koordinator Karantina Tumbuhan BBKP Makassar , Nuni Ujiani Natsir, menambahkan ada 10 komoditas pertanian andalan asal Sulsel yang akan diekspor pada Nusantara Ekspor 2022. Komoditas pertanian itu beragam, seperti kacang mete, kopi, udang dan lain-lain, yang berasal dari berbagai kabupaten/kota.

Adapun negara tujuan ekspor pun variatif. Mulai dari Australia, China, Jerman, India, Belanda, Korsel, Arab Saudi, Inggris hingga Amerika Serikat.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)